35 Siswa SMKN 6 Jember Gabung Jadi Relawan Muda PMI | lintas86.com

35 Siswa SMKN 6 Jember Gabung Jadi Relawan Muda PMI


lintas86.com, Jember - Palang Merah Remaja (PMR) SMKN 6 Jember menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PMR 18-19 Maret 2023 di Markas PMI Kabupaten Jember Jalan Jawa. Diklat PMR ini sebagai bentuk kaderisasi relawan PMI ditingkat remaja sekolah, khsusnya tingkat SMA/SMK. 

Sebanyak 35 peserta dari SMKN 6 Jember mengikuti kegiatan ini dengan didampingi satu fasilitator, satu pembina, lima 5 anggota KSR PMI.  “Diklat PMR merupakan sarana penting dalam wadah suatu organisasi untuk meregenerasi kader – kader militan Palang Merah Indonesia,” ujar Ali Murtadho, Fasilitator PMR SMKN 6 Jember. 

Dikemas dalam bentuk materi dan praktek, kegiatan ini menerapkan cara pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterima oleh para peserta. Tidak hanya itu, peserta juga mendapatkan pengarahan serta bimbingan dalam orientasinya terhadap kepalangmerahan, sebagai dasar materi yang utama untuk didapatkan.

Dalam pelaksanaanya kegiatan ini berjalan sukses dan lancar. Dengan tujuan mendidik dan melatih peserta untuk menjadi anggota yang disiplin, tangguh, dan berwawasan luas. Kegiatan ini menekankan pemahaman 7 Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, serta Tri Bakti Palang Merah Remaja. 

Harapannya peserta menjadi anggota PMR yang sanggup memahami dasar kepalangmerahan dan juga mampu mengimplementasikan dalam hidup keseharian. Sehingga dapat menjadi contoh dikalangan remaja dalam upaya menerapkan prinsip dasar gerakan kemanusiaan.

Pada kegiatan ini peserta juga dihadapkan dalam proses penempuhan bedge sebagai hasil capaian dari kompetensi yang ditargetkan dalam kegiatan ini. Mereka diujikan kemampuannya dalam materi dan praktek yang sudah diberikan. Meski beberapa peserta mengalami kesulitan dalam prosesnya, namun mereka merasa senang karena akhirnya bisa menyelesaikan dan mendapatkannya. 

Kemudian diakhir kegiatan, peserta diajak berkunjung ke salah satu Universitas ternama di Kabupaten Jember yakni  Universitas Jember (Unej) sebagai bentuk pengenalan dan pembelajaran dengan kunjungan ke instansi pendidikan (study tour) yang dikemas pada kegiatan Diklat PMR ini. 

Pada dasarnya mereka juga merupakan siswa – siswa yang nantinya akan lulus dan berkemungkinan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. “Sehingga kegiatan ini juga sekaligus menjadi sarana upaya untuk meningkatkan ketertarikan dan minat siswa dalam dunia pendidikan melalui wadah Palang Merah Remaja,” pungkas Ali Fasilitator PMR SMKN 6 Jember. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url