Gempa Bumi Bantul, PMI Bantu Warga Terdampak di Ponorogo | lintas86.com

Gempa Bumi Bantul, PMI Bantu Warga Terdampak di Ponorogo

 

PMI Bantu Warga Terdampak Gempa Bumi Bantul di Ponorogo

lintas86.com, Ponorogo - Sejumlah rumah warga dan bangunan gedung di Kabupaten Ponorogo mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi yang terjadi pada hari Jum’at (30/6/2023) Sekira Pukul 20.00 WIB. Meski ada sejumlah bangunan rusak, Gempa bumi berskala 6,4 M berpusat di Bantul (DIY) itu tidak menyebabkan korban luka maupun jiwa.

 

Sapto Jatmiko Kepala BPBD Ponorogo mengemukakan gempa bumi sangat dirasakan warga Ponorogo. Sehingga banyak yang berhamburan keluar rumah untuk mencari lokasi yang aman.

 

"Gempa tersebut berdampak pada kerusakan sejumlah rumah warga dan bangunan gedung disejumlah lokasi. Adapun yang rusak tersebut antara lain di Kecamatan Sukorejo bangunan gudang tenda dan kursi milik RT milik Eko Setiawan di Dukuh Mirah, Desa Nambangrejo, di Kecamatan Ponorogo rumah Dirun di Dukuh Geger, Kelurahan Paju dan rumah Soni Warga Kelurahan Jingglong sebagian dinding roboh, dinding bagian ruang tamu, kamar dan ruang keluarga mengalami retak, di Kecamatan Slahung rumah Atik warga Dukuh Krajan Desa Tugurejo sebagian dinding roboh, dinding bagian ruang tamu, kamar dan ruang keluarga mengalami retak, di Kecamatan Babadan rumah Soni warga Dusun kanten Desa Babadan sebagian dinding roboh, dinding bagian ruang tamu, kamar dan ruang keluarga mengalami retak dan di Kecamatan Sambit enam rumah warga desa Gajah di Dukuh Ngrancah dan Dusun Gajah Desa Gajah Sambit mengalami kerusakan, dimana sebagian dinding ada yang roboh dan retak,". Jelasnya

 

"Selain rumah-rumah warga, gempa tersebut mengakibatkan gedung bangunan kampus UNIDA Gontor mengalami retakan. Untuk mengetahui seperti apa dampak retakan itu masih akan dilakukan penelitian dan kajian. Selain itu gempa Juga menyebabkan plafon masjid di Desa Ringinputih Sampung ambrol, dan dindingnya retak,".Tambahnya


"Terkait bangunan yang roboh, bersama warga, relawan, TNI, Polri, pemerintah desa setempat telah dilakukan kerja bakti pembersihan material. Pembersihan dilakukan melihat situasi dan kondisi di lapangan, untuk kerugian materiil akibat kerusakan bangunan saat ini belum bisa diperkirakan, karena masih dikaji dan dihitung.". Pungkasnya 

 

Sementara itu, untuk membantu meringankan beban warga terdampak gempa yang berpusat di Bantul Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo mendistribusikan bantuan. Senin, (03/07/2023)


M. Nur Amin Zabidi Staf PMI kabupaten Ponorogo mengatakan, untuk membantu pemerintah dan untuk meringankan beban warga terdampak gempa yang berpusat di Bantul PMI Kabupaten Ponorogo mendistribusikan bantuan berupa sembako dan hygiene kit.

 
"Bantuan yang kami distribusikan berupa sembako ada beras 100 kg, mie 400 biji, dan 10 paket paket hygiene kit yang kita distribusikan melalui kecamatan yakni Babadan 1 paket, Slahung 1 paket, Sambit 6 paket dan Ponorogo 2 paket ". Ungkapnya.


"Semoga bantuan yang kita berikan bisa untuk meringankan beban dan bermanfaat untuk penerima” Tambahnya


Sementara itu, Agus Sulistyono staf Kecamatan Sambit mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh PMI Kabupaten Ponorogo.


"Saya mewakili masyarakat Desa Gajah mengucapkan terimakasih kami sampaikan kepada PMI Kabupaten Ponorogo atas perhatian, kepedulian dan bantuannya terhadap warga terdampak gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu,". Ungkapnya


"Semoga bantuan yang diberikan berkah untuk warga dan berkah juga untuk PMI Kabupaten Ponorogo. (min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url