MPLS, SMK YPWK Cilegon Simulasi Gempa | lintas86.com

MPLS, SMK YPWK Cilegon Simulasi Gempa

SMK YPWK Cilegon Simulasi Gempa

lintas86.com, Cilegon - Ratusan siswa beserta puluhan guru dan pegawai SMK YPWKS Kota Cilegon yang tengah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan aktivitas administrasi, seketika berhamburan keluar kelas karena merasakan getaran gempabumi.

Seorang guru olahraga yang kebetulan sedang berada di lapangan, langsung mengarahkan ratusan warga SMK YPWKS yang panik tersebut menuju titik kumpul. Kepanikan dan histeris para siswa mewarnai suasana di titik kumpul. Sejumlah siswa mengalami luka ringan pada kaki dan lengan, karena terjatuh saat lari.

Karena belum adanya bantuan dari institusi terkait, sejumlah guru dan pembina dibantu anggota PMR, Pramuka dan OSIS berupaya melakukan TDB secara mandiri dengan memberikan pertolongan pertama pada korban luka dan yang mengalami histeris. Beberapa jam kemudian, pihak sekolah berhasil menghubungi Markas PMI Kota Cilegon untuk meminta bantuan.

“Hari ini, pada MPLS, kami menggelar Simulasi TDB gempabumi yang dipandu oleh Staf Markas & Relawan PMI Kota Cilegon,” ujar Kepala SMK YPWKS, Imam Hasari didampingi Pembina PMR, Nurul Sukmawati, Selasa (18/7/2023).

Dijelaskan Imam, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana, sekaligus mengenalkan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan lainnya yang selama ini memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait penanggulangan bencana.

Nurwarta Wiguna Kepala Markas PMI saat Briefing SMK YPWK Cilegon Simulasi Gempa

Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna mengapresiasi pihak SMK YPWKS yang telah mengenalkan kesiapsiagaan bencana kepada para siswa. 

“Ini merupakan langkah awal yang baik, terutama untuk menerapkan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana atau SPAB di sekolah sebagaimana yang sudah diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi,” katanya.

Ditambahkan, PMI, khususnya di Kota Cilegon saat ini hingga 2026 ke depan akan melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk membentuk SPAB. 

“Rencananya, pada September 2023 ini, PMI Kota Cilegon akan menggelar event Jumbara PMR X yang akan mengusung tema utama Membangun SPAB di Kota Cilegon,” ungkapnya.(Fahrullah/min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url