Kemeriahan HUT PMI ke-78 di Banyuwangi | lintas86.com

Kemeriahan HUT PMI ke-78 di Banyuwangi


lintas86.com, Banyuwangi - Dalam rangka Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyuwangi mengadakan Kegiatan upacara. Senin, (18/09/2023)

Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Markas PMI Kabupaten Banyuwangi di Jalan Kartini No. 5 Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi.

Sekda Banyuwangi, Ir. H. Mujiono, M.Si, selaku Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara HUT PMI ke-78. 

Peserta upacara terdiri dari 200 orang, termasuk jajaran Dewan Kehormatan, Pengurus PMI Kabupaten, perwakilan instansi terkait, Ketua PMI Kecamatan, staf Markas dan UDD PMI, relawan PMI Kabupaten Banyuwangi (KSR Markas, Poliwangi, Stikes, TSR/SIBAT), anggota PMR Mula, Madya, Wira, serta DDS dan KDDS.

Pada kesempatan ini, Ir. H. Mujiono, M.Si menyampaikan bahwa perayaan HUT PMI ke-78 tidak hanya terbatas pada apel saja. 

Beberapa kegiatan lain yang telah dan akan dilaksanakan antara lain Talkshow di radio, donor darah, tasyakuran, bantuan sembako, baksos pemeriksaan mata dan operasi katarak, bantuan pemasangan kaki dan tangan palsu gratis, pelatihan surveilans epidemiologi TB-HIV, pemberian makanan tambahan kepada balita dan baduta stunting di wilayah Kecamatan Muncar.

Selain itu, dalam Apel pagi tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada anggota DDS yang telah mendonorkan darah sebanyak 10 kali, 25 kali, 50 kali, dan 75 kali, serta kepada Kelompok Donor Darah Sukarela (KDDS).

Ir. H. Mujiono, M.Si menekankan bahwa PMI Kabupaten Banyuwangi selalu siap melayani dan menolong masyarakat dengan sepenuh hati, sesuai dengan tema HUT PMI tahun ini, yaitu 'Menolong dengan Sepenuh Hati'.

Setelah apel, dilanjutkan dengan tasyakuran HUT PMI ke-78 di Aula PMI Kabupaten Banyuwangi. Acara tersebut meliputi mendengarkan sambutan Ketua PMI Pusat, Bapak H. Jusuf Kalla, serta doa tasyakuran dan pemotongan tumpeng oleh Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi.

Dalam momentum HUT tahun ini, dunia sedang menghadapi masalah perubahan iklim yang berdampak pada kemanusiaan. 

Oleh karena itu, PMI Kabupaten Banyuwangi juga melaksanakan kegiatan pelayanan masyarakat berupa pendistribusian air bersih di wilayah Kecamatan Singojuruh dan Kecamatan Srono.

Semua kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PMI dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat Kabupaten Banyuwangi, sekaligus merayakan HUT ke-78 Palang Merah Indonesia. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url