Sukses! Ribuan PMR ikuti Jumbara XII PMI Ngawi | lintas86.com

Sukses! Ribuan PMR ikuti Jumbara XII PMI Ngawi


lintas86.com, Ngawi - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, sukses mengadakan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke-XII sebagai evaluasi materi PMR dan pelaksanaan program kerja PMI Ngawi Tahun 2023. 

Acara Jumbara PMR diikuti oleh sekitar 1540 anggota PMR dari tingkat Mula, Madya, dan Wira se-Kabupaten Ngawi. Acara dihadiri oleh ketua PMI, Pengurus PMI, Bupati Ngawi, Wakil Bupati Ngawi dan secara resmi dibuka oleh Bupati Ngawi pada Sabtu (16/09/2023).

Nur Iswahyudi, Ketua Pelaksana Jumbara PMR ke-XII PMI Ngawi 2023, menyatakan bahwa tema yang diusung pada Jumbara XII tahun 2023 adalah "Remaja sehat, Remaja bermartabat". 

Acara berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 September 2023 di lapangan kecamatan Jogorogo. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendesain remaja agar memiliki kehidupan yang sehat baik secara fisik maupun mental, melalui kegiatan seperti konsumsi makanan bergizi dan olahraga rutin. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter remaja agar memiliki perilaku yang baik dan bermartabat.

Jumbara merupakan acara perjumpaan yang menggabungkan kompetisi dan non-kompetisi. Peserta yang terlibat dalam Jumbara ini meliputi PMR Mula (tingkat SD/MI), PMR Madya (tingkat SMP/MTs), dan PMR Wira (tingkat SMA/MA/SMK). 

Ada 20 kegiatan yang dikompetisikan, seperti kegiatan kepalangmerahan, donor darah, kampanye kesehatan remaja, kampanye PHBS, serta kompetisi dalam menciptakan majalah dinding, poster, tandu darurat, kreasi seni pentas, dan yel-yel. 

Selain itu, terdapat juga kegiatan non-kompetisi seperti olahraga bersama, fun games, dan bakti kepada lingkungan dengan memberikan beras, mie instan, dan alat tulis kepada pihak terkait.

Salah satu hal menarik dari Jumbara PMR ke-XII tahun 2023 adalah penampilan Bernadio Aditya Prayogo, seorang dalang cilik asal Ngawi yang merupakan putra Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko perwakilan PMR tingkat Mula Korwil Disdindik Ngawi. 

Ia tampil dalam acara Got Talent Jumbara PMR ke-XII PMI Ngawi Tahun 2023 dengan membawakan peran PMI dan tugas PMI di Indonesia. 

Penampilan Dio, panggilan akrabnya, menunjukkan kelincahan dan kemampuannya menguasai alur cerita dengan baik.

Dalam kalangan pecinta wayang di Ngawi dan Jawa Timur, nama Dio sudah mulai dikenal. Bahkan, ia pernah menjadi Juara 2 Lomba Dalang Bocah tingkat provinsi Jawa Timur. 

Pencapaian ini didapatkan berkat penampilannya yang semakin matang meskipun masih berusia kecil. 

Sebelum tampil di Jumbara PMR ke-XII PMI Ngawi 2023, Dio telah berpartisipasi dalam berbagai pentas wayang kulit, termasuk dalam perayaan Hari Jadi Kabupaten Ngawi, Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), Hari Bhayangkara, dan Parade Dalang Bocah. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url