Jumbara PMR, Warjo PMI Wonogiri: Kokohkan Semangat Solidaritas Kepalangmerahan | lintas86.com

Jumbara PMR, Warjo PMI Wonogiri: Kokohkan Semangat Solidaritas Kepalangmerahan



lintas86.com, Wonogiri - Sebanyak 1800 orang peserta turut mengikuti kegiatan Jumbara PMR 2023, yang diselenggarakan oleh PMR Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023 di Lapangan Desa Made, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri.

Kepala Markas PMI Kabupaten Wonogiri, Warjo, mengatakan, dengan tema "Palang Merah Remaja Cerdas, Kreatif, Tangguh, dan Berkarakter," Jumbara PMR 2023 bertujuan untuk mengembangkan peran aktif Palang Merah Remaja secara terpadu dan berkesinambungan. 

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat karakter kepalangmerahan dan meningkatkan ketangguhan dalam Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Dalam Jumbara PMR ini, peserta diajak untuk mengembangkan keterampilan hidup, serta menjadi pendidik sebaya yang mampu memberikan pertolongan pertama, merawat keluarga, memimpin dengan bijaksana, dan siap siaga menghadapi bencana. 

Melalui pendekatan keterampilan hidup, diharapkan peserta dapat menjadi generasi penerus yang tangguh dan berkarakter.

Salah satu momen penting dalam Jumbara PMR adalah pemilihan tanggal 28 Oktober, yang dipilih untuk mengenang semangat juang para pemuda sebagaimana dicetuskan dalam Sumpah Pemuda. 

Tanggal ini menjadi simbol semangat dan dedikasi PMR untuk terus menjaga kebersamaan, keberagaman, serta kekompakan antar adat, budaya, suku, dan agama.

Sejak Pandemi Covid-19 melanda beberapa tahun lalu, kita semua telah merasakan betapa sulitnya kehidupan tanpa bantuan dan dukungan sesama manusia. 

Seluruh kegiatan kita terbatas oleh Protokol Kesehatan yang sangat ketat, bahkan berkerumun dalam kegiatan belajar mengajar pun menjadi sesuatu yang sangat sulit dilakukan. 

Namun, kita semua adalah saksi betapa gigihnya semangat kepalangmerahan yang terus berkobar dalam diri kita.

Untuk itu, mari bersama-sama kita gelorakan semangat, bangkit kembali, dan beraktivitas dengan penuh semangat. 

Meskipun kita harus menjalani kehidupan dalam situasi yang berbeda, kita tetap memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas dengan tetap menjaga kesehatan, baik diri kita sendiri maupun orang-orang di sekitar kita. 

Pandemi telah mengajarkan kita untuk lebih menghargai solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, mari kita terus mempererat tali silaturahmi, menjaga kekompakan, dan menghargai keberagaman antar adat, budaya, suku, dan agama. 

Dalam kebersamaan inilah kita akan semakin kuat, bersatu, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Sesuai tema HUT PMI ke 78 tentang pemanasan global jumbara PMR kali ini mengusung sebuah kegiatan daur ulang sampah plastik menjadi pakaian Carnival, kreatifitas dan ide yg muncul menjadi inspirasi bahwa limbah plastik dapat bernilai apabila dikelola dengan baik. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url