513 Calon Jamaah Haji Asal Ponorogo Siap Diberangkatkan | lintas86.com

513 Calon Jamaah Haji Asal Ponorogo Siap Diberangkatkan


lintas86.com, Ponorogo - Pada musim haji tahun ini, sebanyak 513 jemaah calon haji dari Kabupaten Ponorogo siap diberangkatkan. Rincian tersebut terdiri dari 481 jemaah calon haji sesuai nomor porsi dan 32 jemaah calon haji dari lansia.

Sebelum berangkat, ratusan jemaah calon haji ini akan menjalani medical cek up di puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk mulai Desember 2023 hingga Januari 2024.

Marjuni, Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo, mengatakan bahwa para jemaah calon haji ini berhak melunasi pembayaran haji apabila memenuhi Istitha’ah atau standar kemampuan. 

Pelunasan tersebut dapat dilakukan mulai tanggal 10 Januari sampai 12 Februari 2024 sesuai dengan keputusan Presiden terkait masalah ini.

Marjuni juga menjelaskan bahwa tahap haji tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang ini, jemaah calon haji harus melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum melunasi pembayaran haji. 

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa jemaah calon haji tersebut dalam kondisi sehat dan siap menjalankan ibadah haji. 

Hal ini penting mengingat banyaknya kasus penyakit dan kematian yang dialami jemaah haji di Arab Saudi pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, Marjuni juga mengungkapkan bahwa biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) untuk jemaah haji tahun 2024 telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 tahun 2024. 

Rincian Bipih untuk jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Juanda Surabaya sebesar Rp 60.526.334. 

Namun, setoran awal sebesar Rp 25 juta harus dikurangi, sehingga jemaah calon haji perlu menambah sekitar Rp 35 juta untuk melunasi biaya haji. Jika tidak memenuhi standar kemampuan dan belum bisa melunasi biaya haji, jemaah calon haji akan diberitahu bahwa mereka tidak dapat berangkat tahun ini.

Dengan adanya tahap cek kesehatan yang harus dilalui sebelum pelunasan pembayaran haji, diharapkan jemaah calon haji dapat menjalankan ibadah haji dengan kondisi kesehatan yang baik dan menghindari risiko penyakit atau kematian di Arab Saudi. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url