Retakan Tanah Muncul di Desa Banaran, Ponorogo, Ancam Puluhan Rumah | lintas86.com

Retakan Tanah Muncul di Desa Banaran, Ponorogo, Ancam Puluhan Rumah


lintas86.com, Ponorogo - Sebuah retakan tanah kembali ditemukan di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, setelah beberapa tahun lalu terjadi bencana tanah longsor yang memakan korban jiwa dan menghilangkan puluhan orang.

Retakan dengan panjang mencapai 50 meter dan kedalaman hampir 1 meter ini membuat masyarakat desa setempat yang berada di lereng gunung gede tersebut terkejut.

Munculnya retakan tanah ini juga terjadi setelah terjadi longsor yang menutup jalur akses antar desa beberapa hari lalu.

"Retakan tanah sepanjang 50 meter ini mengancam belasan rumah yang ada di sekitar lokasi," kata Kepala Dusun Gondangsari, Miseri. Rabu, (10/01/2024)

Dia menambahkan bahwa retakan ini sebenarnya sudah muncul pada pertengahan tahun 2021 lalu. Namun, saat ini retakan semakin melebar dengan pergeseran sedalam 20 sampai 80 centimeter setelah hujan deras beberapa hari terakhir.

Anggota TRC BPBD Ponorogo, Suwito, menyatakan bahwa pihaknya bersama petugas gabungan telah melakukan pemetaan di lokasi retakan tanah tersebut.

"BPBD Ponorogo menghimbau warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," pungkasnya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url