Baksos Kesehatan Mata Gratis Banyuwangi, 10 Tahun Melayani Masyarakat | lintas86.com

Baksos Kesehatan Mata Gratis Banyuwangi, 10 Tahun Melayani Masyarakat



lintas86.com, Banyuwangi - Baksos Pelayanan Kesehatan Mata Gratis telah memasuki tahun ke-10 di Banyuwangi. 

Sejak dimulai, sekitar 23.634 orang telah dilayani, dengan 3.185 orang menjalani operasi katarak. 

Selain itu, 143 orang mendapat penggantian bola mata palsu, 12.927 orang menerima kacamata, dan 6.928 botol pengobatan mata disalurkan. 

Selama tahun 2014 hingga 2023, sebanyak 5.038 siswa telah menjalani pemeriksaan mata.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini masih tinggi, dengan 560 orang telah mendaftar untuk operasi katarak, 282 orang untuk kelainan refraksi, dan 12 orang untuk penggantian bola mata. 

Operasi dilakukan oleh dokter spesialis mata yang kompeten, dan hasilnya terbukti baik sehingga banyak pasien yang kembali mendaftar.

Bupati Banyuwangi, Hj. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, hadir untuk membuka acara tersebut dan menyerahkan bantuan kaki palsu kepada enam orang penerima. 

Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, termasuk dokter spesialis mata, JFF, Dinas Kesehatan, PMI Kabupaten Banyuwangi, RSUD Sumberglagah Mojokerto, dan SKPD terkait.

Kegiatan baksos ini direncanakan akan dilaksanakan dua kali pada tahun ini, dengan tahap pertama pada 14-18 Mei 2024 dan tahap kedua pada bulan Oktober 2024. 

Bupati juga mengungkapkan bahwa kolaborasi dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mencapai lebih banyak sasaran penerima manfaat karena anggaran dan tenaga medis terbatas.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat yang membutuhkan, dan bagi yang belum dapat ikut pada tahap pertama diharapkan dapat mengikuti tahap kedua nanti. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url