Bersih Desa dan Reyog Ponorogo, Tradisi yang Menguatkan Kebersamaan Warga Pakunden | lintas86.com

Bersih Desa dan Reyog Ponorogo, Tradisi yang Menguatkan Kebersamaan Warga Pakunden



lintas86.com, Ponorogo - Melalui semangat menjaga tradisi dan kebersamaan, Kelurahan Pakunden, Ponorogo, berhasil meramaikan kembali kegiatan tahunan Bersih Desa dengan pagelaran seni Reyog pada hari Jumat. (24/05/2024)

Acara ini berlangsung meriah di halaman pendopo rumah warga bernama Aji di Jl. Yos Sudarso, dan berhasil menarik perhatian banyak pihak, termasuk perwakilan dari Bupati Ponorogo, Polsek, Danramil Ponorogo, serta tokoh budaya dan masyarakat setempat. 

Empat penari Dadak Merak dan enam penari Jathil sukses tampil memukau, menjadi representasi kekayaan budaya dan semangat gotong royong warga Kelurahan Pakunden yang terus dilestarikan.


"Dari tahun ke tahun, Kelurahan Pakunden selalu mengadakan kegiatan bersih desa. Ini sudah menjadi tradisi dengan dua kegiatan utama: doa bersama istighosah dan pagelaran seni Reyog Ponorogo," kata Ir. M. Kunjaeni, Ketua Panitia. 

Dia juga menambahkan bahwa anggaran kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan beberapa donatur.

Tim sukses kegiatan

Harjono M.Kes, yang mewakili Bupati Ponorogo, menganggap acara ini sebagai refleksi bersyukur atas karunia Allah SWT dan berharap masyarakat terhindar dari musibah yang tidak diinginkan di tahun mendatang. "Acara ini penuh berkah," kata Harjono.

Setelah kegiatan doa bersama untuk keberkahan Kelurahan Pakunden, acara dimeriahkan dengan kirab kesenian Reyog yang berawal dari Jl. Yos Sudarso dan berakhir di halaman balai desa Kelurahan Pakunden.

Acara Bersih Desa ini tidak hanya memainkan peran dalam pelestarian budaya lokal, tetapi juga secara efektif mempererat tali silaturahmi dan memperkuat rasa kebersamaan di antara warga.


Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan tradisi ini akan terus dilestarikan dan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Kelurahan Pakunden. (tar/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url