Optimalisasi Pengelolaan, BPBD Jatim Kunjungi Gudang PMI di Gresik | lintas86.com

Optimalisasi Pengelolaan, BPBD Jatim Kunjungi Gudang PMI di Gresik



lintas86.com, Gresik - Dalam upaya meningkatkan kapasitas pengelolaan pergudangan dan peralatan Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan ke Gudang Logistik Palang Merah Indonesia (PMI) di Gresik, Jumat (31/5/2024).

Peluang belajar pada kunjungan ini difokuskan pada dua aspek utama yaitu manajemen dan penataan gudang. 

"Ada 30 orang personil ikut dalam rombongan kunjungan kami, tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mendalami lebih jauh tentang pengelolaan pergudangan serta prosedur operasional yang diterapkan di Gudang Regional PMI Gresik.,". Ungkap seorang personil BPBD Jatim



"Kami memilih gudang PMI di Gresik sebagai lokasi kunjungan karena mereka terkenal dengan kapabilitas dalam pengelolaan pergudangan, terutama dalam hal manajemen dan penataan untuk menjaga ketahanan barang," Jelasnya

Dengan kunjungan ini, personil BPBD dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional di BPBD Provinsi Jawa Timur terutama dalam pengelolaan gudang logistik dan alat penanggulangan bencana bisa berkelanjutan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi upaya kemanusiaan.



Dalam kunjungan tersebut, Saiful yang merupakan pemateri sekaligus pengelola gudang logistik regional PMI di Gresik, menjelaskan bagaimana sistem dan metode pengelolaan logistik yang diterapkan di PMI.

"Salah penataan bisa menyebabkan barang cepat rusak," Terang Saiful.

Dia menambahkan bahwa sebelum kunjungan personil BPBD Jatim juga sudah diberikan Bimtek dalam pengelolaan gudang perlu adanya perhitungan yang tepat tentang barang mana yang harus lebih dahulu dikeluarkan dan mana yang bisa bertahan lama di gudang. 



 "Ada 2 Materi yang kami berikan kepada personil BPBD Jatim yakni pengelolaan logistik PMI dan managemen pergudangan. Semua perlu perhitungan demi kemanusiaan," Tambah Saiful

Harapan kami Kunjungan dan peningkatan kapasitas ini dapat membantu tingkatkan kapasitas personil BPBD Jatim


"Peningkatan kapasitas ini semoga dapat membantu BPBD Jatim dalam mengelola pergudangan mereka dengan lebih efisien dan efektif, sehingga dapat memberikan respons yang lebih baik dan cepat dalam penanggulangan bencana,". Pungkasnya (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url