Pramuka SMPN 11 Kota Magelang Gelar Kemah Akhir Tahun, Tumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Kreativitas Siswa | lintas86.com

Pramuka SMPN 11 Kota Magelang Gelar Kemah Akhir Tahun, Tumbuhkan Jiwa Patriotisme dan Kreativitas Siswa


lintas86.com, Magelang - Kemah Akhir Tahun Gugus Depan 02.055 – 056 SMPN 11 Kota Magelang Tahun Ajaran 2022/2023 digelar di Lapangan Tempat Evakuasi Akhir Tanjung Muntilan Magelang,  Pembukaan acara pada hari Senin, 20 Mei 2024 dan berakhir hari Rabu, 22 Mei 2024.

Perkemahan ini diikuti 240 siswa kelas VII. Didampingi oleh 25 panitia pembina pramuka dan 29 panitia dari Dewan Penggalang sekolah.

Ketua Panitia Kemah Akhir Tahun Gugus Depan SMPN 11 Kota Magelang, Ahmad Sholikin, S.Pd mengungkapkan, perkemahan ini dapat menambah wawasan tentang kepramukaan.

Selain itu, perkemahan ini juga untuk menumbuhkan sikap positif untuk siswa.

“Tujuannya adalah menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme, menjalin persahabatan sesama anggota pramuka, menumbuhkan kreativitas, menjaga dan melestarikan lingkungan, menumbuhkan sikap disiplin serta mandiri, juga  memperkenalkan kepada peserta didik kelas VII lebih dekat dengan alam sekitar sehingga dapat menghargai sesama makhluk, memperkenalkan kepada peserta didik untuk lebih dekat dengan sang Pencipta dan menumbuhkan kerjasama antar peserta didik.” ujarnya.

Sejak bulan Maret, persiapan perkemahan mulai dilakukan. “Kegiatan mulai dirancang sebelum puasa sampai setelah lebaran. Persiapannya mulai dari pengecekan tenda milik sekolah, pengecekan lokasi, pengecekan kebutuhan siswa, penyusunan proposal, dan penyusunan rangkaian kegiatan,” kata Kak Ahmad Sholikin.

Awalnya, panitia menyurvei beberapa  lokasi. Kemudian, dipilihlah lokasi di lingkungan TEA ( Tempat Evakuasi Akhir ) Tanjung Kabupaten Magelang.

Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan yang dipimpin Kak Hikmatun Burhaniyah selaku Ka. Gudep pangkalan SMPN 11 Magelang.

Berbagai kegiatan yang telah dirancang oleh panitia terlaksana dengan baik dalam perkemahan ini, seperti pendirian tenda, pionering, lomba memasak,  diskusi antar regu, outbond, olahraga, api unggun, pelantikan penggalan, pembongkaran tenda, hingga penutupan. Tak lupa, siswa beserta panitia juga melaksanakan salat lima waktu secara berjamaah.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tersebut mendapatkan respon positif dari siswa bahkan orang tua siswa.

“Alhamdulillah respon siswa sangat positif. Mayoritas siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Orang tua siswa pun juga mendukung perkemahan ini untuk mendukung putra-putrinya bersikap disiplin dan mandiri,” jelas ketua panitia perkemahan tersebut. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url