Dukungan Psikososial dari PMI Masih Dibutuhkan oleh Korban Gempa Bawean | lintas86.com

Dukungan Psikososial dari PMI Masih Dibutuhkan oleh Korban Gempa Bawean



lintas86.com, Gresik - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur memberikan layanan dukungan psikososial di Dusun Songai Olo Desa Kepoh Legundi Kecamatan Tambak di Pulau Bawean.

Sebanyak 5 personel tim PSS memberikan layanan dukungan psikososial kepada masyarakat, dengan 19 ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi penerima manfaat.

Dalam kesempatan tersebut, layanan dukungan psikososial yang diberikan adalah psikoedukasi tentang dampak psikologis yang timbul baik pada individu maupun anak-anak setelah terjadinya bencana alam.

Menurut keterangan Koordinator Lapangan, Andris Rufianto, melalui Elvana Kusdijanto, salah satu anggota tim PSS, menyampaikan bahwa dalam kegiatan psikoedukasi ini, masyarakat diberikan pengetahuan tentang tindakan apa yang harus dilakukan ketika muncul dampak psikologis pada anak-anak. 

"Menyediakan dukungan dari lingkungan sekitar dapat mempercepat proses pemulihan,". Ungkapnya kepada lintas86.com. Jumat, (28/06/2024)

Elvana juga menyampaikan bahwa program PSS akan dilakukan di berbagai tempat, termasuk di Sekolah 

"Sasaran layanan kami meliputi Perempuan, pengajian, dan kegiatan lainnya, karena memberikan edukasi dalam kegiatan yang sudah ada tidak akan mengganggu kegiatan masyarakat, terutama dalam masa pemulihan pasca bencana gempa,". Tambahnya

Seorang ibu bernama Nahlia mengisahkan bahwa dampak gempa yang terjadi di Bawean beberapa waktu lalu terutama terasa secara psikologis bagi masyarakat di Pulau Bawean. 

"Banyak masyarakat yang tidur di luar rumah selama sekitar 1 bulan dan takut untuk kembali ke dalam rumah karena khawatir akan terjadi gempa susulan,". Ujarnya

Ia merasa sangat terbantu dengan adanya layanan dukungan psikososial dari PMI Provinsi Jawa Timur, yang memberikan ketenangan selama proses pemulihan pasca gempa di Bawean.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PMI yang telah memberikan edukasi dan layanan dukungan psikososial kepada masyarakat, khususnya di Dusun Songai Olo Desa Kepoh Legundi Kecamatan Tambak. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url