Sarasehan Budaya Reyog Santri, Upaya Mempertemukan Ide dan Implementasi | lintas86.com

Sarasehan Budaya Reyog Santri, Upaya Mempertemukan Ide dan Implementasi


lintas86.com, Ponorogo - Menunjukkan kepedulian yang besar terhadap seni reyog Ponorogo, Lembaga Seni Budaya Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LSB PDM) Ponorogo menggelar sarasehan budaya. 

Acara ini dilangsungkan di Planet Warrock Ponorogo pada Ahad, 26 Mei 2024.

Kegiatan sarasehan ini menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan para tokoh terkenal seperti Alip Sugianto dari LSB Muhammadiyah, Ki Jenggo ketua Lesbumi PCNU Ponorogo, Wisnu HP ketua Dewan Kesenian Ponorogo, Ridho Kurnianto dari MUI Ponorogo, dan Frengky Nur AP dari Akshamala.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar pegiat seni budaya di Ponorogo, baik dari LSB Muhammadiyah, Lesbumi PCNU, dewan kesenian, hingga gerakan pemasyarakatan minat baca," ujar DR.Alip Sugianto, MM.

Mengusung tema 'reyog santri antara konsep dan implementasi', sarasehan ini berusaha mencari titik temu antara karakteristik reyog santri dengan jenis reyog lainnya seperti reyog obyok dan reyog bantarangin yang telah memiliki identitas dan jati diri sendiri.

Menurut Alip, reyog santri ini berfungsi sebagai media dakwah cultural. 

"Ini adalah upaya menemukan titik yang sama antara reyog santri dengan reyog lainnya. Reyog santri menjadi media dakwah cultural," paparnya. 

Ia berharap, melalui acara ini, dapat lebih memperkenalkan reyog santri ke masyarakat luas dan menunjukkan keunikan serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. (aw/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url