Siapkan Akreditasi, PMI Kabupaten Situbondo Kunjungi PMI Kabupaten Ponorogo | lintas86.com

Siapkan Akreditasi, PMI Kabupaten Situbondo Kunjungi PMI Kabupaten Ponorogo


lintas86.com, Ponorogo - PMI Kabupaten Situbondo melakukan kunjungan studi tiru ke PMI Kabupaten Ponorogo. Kamis, (27/06/2024) 

Kunjungan ini bertujuan untuk menyerap pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Ponorogo, khususnya dalam hal menghadapi akreditasi PMI yang rencana akan dilaksanakan bulan November 2024.

PMI Kabupaten Ponorogo sebelumnya telah berhasil meraih rekomendasi utama akreditasi dengan nilai 92,03.

Rombongan PMI Kabupaten Situbondo dipimpin oleh Ketua PMI Kabupaten Situbondo, Dr. Drs. Sofwan Hadi, M. Si, didampingi oleh Pengurus, Staf Markas dan UDD PMI Kabupaten Situbondo. 

Kunjungan diterima oleh Ketua PMI Kabupaten Ponorogo, Luhur Karsanto, yang didampingi oleh Sekretaris PMI Kabupaten Ponorogo, Sumani, serta staf PMI lainnya.

Dr. Drs. Sofwan Hadi, M.Si, selaku Ketua PMI Kabupaten Situbondo, kedatangan kami ke Ponorogo dalam rangka silaturahim pertama ini, dengan niat baik dan tulus, bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. 

"Kami memperhatikan bahwa PMI Ponorogo telah berhasil meraih predikat akreditasi utama dalam pengelolaan manajemen markasnya,". Ungkapnya

"Kami, bersama dengan pengurus lainnya, sepakat bahwa selain tujuan silaturahim yang utama, kami juga ingin belajar lebih dalam mengenai kunci sukses yang membuat PMI Ponorogo dapat meraih predikat akreditasi utama. Sebelumnya, kami juga telah menerima bimbingan teknis dari pihak provinsi, dan kami telah mengimplementasikan hasil dari bimtek tersebut sebagai langkah evaluasi untuk kemajuan PMI Kabupaten Situbondo,". Jelasnya

"Dengan studi tiru yang kami lakukan ke PMI Kabupaten Ponorogo, kami berharap dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai pengelolaan dan strategi yang telah membawa PMI Kabupaten Ponorogo meraih predikat akreditasi terbaik dengan kategori utama". Jelasnya

"Kami dari PMI Kabupaten Situbondo berkomitmen untuk menargetkan peningkatan kualitas bagi PMI Kabupaten Situbondo, termasuk dari aspek pelatihan untuk petugas, relawan, dan manajemen markas. Tujuan utama kami adalah untuk meraih predikat atau sertifikasi akreditasi hingga predikat utama". Tambahnya

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dan kebaikan yang telah diberikan kepada kami selama kunjungan ini. Kami berharap kunjungan ini dapat membawa manfaat bagi kami sebagai individu, bagi PMI Kabupaten Situbondo, dan juga bagi masyarakat,". Pungkasnya

Ketua PMI Kabupaten Ponorogo, Luhur Karsanto, berbagi pengalaman dan strategi yang diterapkan PMI Kabupaten Ponorogo dalam menghadapi akreditasi. 

Ia menjelaskan bahwa setelah mendapatkan informasi tentang adanya akreditasi, PMI Kabupaten Ponorogo melakukan penandatanganan komitmen bersama pada bulan November 2023.

PMI Kabupaten Ponorogo juga mempersiapkan diri selama tiga bulan untuk menghadapi proses akreditasi dengan menghadapi beberapa tantangan, seperti menyiapkan instrumen elemen yang harus dipenuhi, bimbingan teknis saat Ramadhan, dan melakukan pembenahan gedung sesuai aturan.

"Hasilnya sangat memuaskan, kami berhasil meraih kategori utama dalam akreditasi markas," ungkap Luhur Karsanto.

Luhur Karsanto mengungkapkan rasa syukurnya atas hasil yang diraih dan menyebutnya sebagai hasil kolaborasi kerja pengurus, staf, dan relawan yang maksimal. 

Ia juga menekankan pentingnya penguatan kapasitas organisasi, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga hingga tingkat kabupaten/kota.

Kunjungan studi tiru ini menunjukkan bahwa PMI Kabupaten Ponorogo tidak hanya berhasil meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi PMI daerah lain untuk terus berbenah dan memberikan layanan terbaik.

Sebelumnya, PMI Kabupaten Ponorogo juga telah menerima kunjungan dari PMI Kabupaten Ngawi, PMI Kabupaten Magetan, PMI Kota Malang, PMI Kabupaten Sumenep, Majalah Gelora PMI Jawa Timur, PMI Kabupaten Sumenep, dan PMI Kabupaten Bondowoso. Semua kunjungan ini menunjukkan prestasi PMI Kabupaten Ponorogo telah menginspirasi PMI daerah lain untuk terus berbenah. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url