Sinergi, PMI dan Cabang Dinas Pendidikan Banyuwangi Cetak Fasilitator PMR Berkualitas | lintas86.com

Sinergi, PMI dan Cabang Dinas Pendidikan Banyuwangi Cetak Fasilitator PMR Berkualitas



lintas86.com, Banyuwangi -  Sebagai tindak lanjut MoU antara Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan PMI Kabupaten Banyuwangi,  pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi digelar di Aula Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi pada Selasa (04/06/2024).  

Sebanyak 30 guru dan tenaga administrasi sekolah mengikuti pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan, Bapak Mohamad Arief Ainur Rozie, M.Pd., mengungkap harapannya agar para peserta menjadi penggerak kesehatan dan kesiapsiagaan bencana di sekolah. 

"Cuaca saat ini tidak menentu, sekolah tidak boleh menjadi tempat penyebaran penyakit. Satu orang sakit bisa menyebar ke seluruh kelas. PMR diharapkan menjadi ujung tombak penggerak di lingkungan sekolah," ungkapnya.

Pelatihan ini merupakan program kedua dari pelaksanaan MoU Cabang Dinas dengan PMI, setelah sukses menggelar program *Forpis Berbagi Takjil*.  Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan  menargetkan setiap sekolah SMA/SMK di Kabupaten Banyuwangi  memiliki Fasilitator PMR.

Dr. H. Nurhadi, MM, Wakil Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi, dalam sambutannya menekankan perlunya kreativitas para pembina PMR dalam mendampingi anggota. 

"Pembina PMR saat ini dituntut lebih kreatif. Tidak hanya mendampingi, tetapi juga harus bisa menjadi fasilitator yang memberikan materi, mengingat keterbatasan fasilitator PMR yang ada di PMI," tegasnya.

Beliau juga memohon dukungan kepada para pembina PMR dan anggota PMR untuk mensukseskan Gerakan Bulan Dana PMI di sekolahnya masing-masing yang diselenggarakan pada bulan Juni - Agustus 2024.

Nuning Hariyati, salah satu peserta dari SMAN 1 Genteng,  menyampaikan harapannya.

"Semoga Pelatihan Fasilitator PMR ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi para pembina PMR di sekolah/instansi tempat mengabdi. Besar harapan kami pada peserta didik yang tergabung di Palang Merah Remaja menjadi Relawan-relawan Muda masa depan yang tangguh, tanggap, berakhlak dan bermartabat serta bermanfaat bagi sesama," tambahnya. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url