Bersama PMI, KPM 36 IAIN Ponorogo Adakan Sosialisasi Kepalangmerahan dan Pola Hidup Sehat di SDN Wayang | lintas86.com

Bersama PMI, KPM 36 IAIN Ponorogo Adakan Sosialisasi Kepalangmerahan dan Pola Hidup Sehat di SDN Wayang

PMI Kabupaten Ponorogo saat sosialsai kepelangmerahan

lintas86.com, Ponorogo - Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan menjalankan program kerja, Kelompok KPM 36 IAIN Ponorogo bekerjasama dengan PMI Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi kepalangmerahan dan pola hidup sehat di SDN Wayang Kecamatan Pulung, Kamis (18/07/2024). 

Acara yang diikuti oleh seluruh siswa SDN Wayang ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN Wayang, Juliani S.Pd., dan dr. Afif Faisal Wafi, Dokter Rumah Sehat PMI Kabupaten Ponorogo, didampingi staf bidang yankessos PMI Kabupaten Ponorogo Inna Yety Octavia, Zaki Humaidi, dan staf Bidang Humas Organisasi PMI Kabupaten Ponorogo Yunio Roofica A.

Ezha Dewanti, koordinator pelaksana kegiatan sosilisasi KPM IAIN Ponorogo kelompok 36, menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah untuk mengajarkan perilaku hidup sehat, tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sekitar. 

"Sosialisasi ini juga bertujuan untuk membantu mempromosikan SDN Wayang Kecamatan Pulung yang mengalami penurunan jumlah murid," jelasnya.

Selain sosialisasi, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba-lomba seperti adzan, cerdas cermat, dan peningkatan remaja masjid guna menanamkan pentingnya pola hidup sehat dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Semoga kegiatan ini menjadi pesan branding yang baik dan membawa manfaat bagi semua pihak yang terlibat," harap Eza.

dr. Afif Faisal Wafi, Dokter Rumah Sehat PMI Kabupaten Ponorogo saat soilaisasi

dr. Afif Faisal Wafi, Dokter Rumah Sehat PMI Kabupaten Ponorogo, memberikan penyuluhan kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, serta pola makan yang sehat. 

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi ini, para siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya menjaga hidup bersih dan sehat. 

"Nilai-nilai yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat menjadi kebiasaan baik bagi para siswa hingga mereka dewasa nanti,". Ujarnya

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dari PMI Kabupaten Ponorogo dalam menjalankan program edukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda, dapat lebih peduli dan menjaga kesehatan serta kebersihan sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari,". Tambahnya

Ina Yetty Octavia, diseminator Kepalangmerahan PMI Kabupaten Ponorogo, menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, selain materi PHBS, peserta juga diberikan materi kepalangmerahan.

"Tugas pokok PMI adalah membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan. Meliputi; kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk Sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui sosialisasi yang dilaksanakan, peserta semoga bisa memahami tugas pokok dan fungsi PMI,". ungkapnya

Kepala SDN Wayang Kecamatan Pulung, Yuliani S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut sangat bermanfaat bagi anak-anak. 

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat diadakan lagi di masa yang akan datang, dengan fasilitas persiapan yang lebih baik, misalnya dengan praktek sikat gigi dan cara membuat sisi yang benar. 

"Dengan persiapan yang lebih baik, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang positif bagi anak-anak," ungkapnya.


"Terima kasih kepada peserta KPM kelompok 36 IAIN Ponorogo dan PMI Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini penting untuk anak-anak dan diharapkan memberikan manfaat yang lebih besar. Selain itu, diharapkan juga akan ada kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat lagi bagi anak-anak di masa depan," pungkasnya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url