Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Launching Posyandu Center Of Excellence (COE) di Desa Prayungan | lintas86.com

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Launching Posyandu Center Of Excellence (COE) di Desa Prayungan

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat Launching Posyandu Center Of Excellence (COE) di Prayungan 

lintas86.com, Ponorogo - Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, melaunching Posyandu Center Of Excellence (COE) yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Ponorogo di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo dihadiri oleh Muspika Sawoo dan Kepala Puskesmas Sawoo, pada Kamis, 11 Juli 2024.

Posyandu COE merupakan Posyandu Percontohan yang dibina dan dikader untuk melayani semua siklus hidup dan menjadi sarana pelayanan kesehatan primer yang baik bagi masyarakat. Dalam Posyandu COE ini, semua kelompok usia terlayani mulai dari ibu hamil, ibu nifas, bayi, balita, usia sekolah, remaja, usia produktif, hingga lansia.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, ada rencana untuk mendorong pembentukan Posyandu COE di 283 tempat di Kabupaten Ponorogo. Konsep ini bertujuan untuk memastikan perkembangan generasi penerus dapat terjaga dengan baik melalui pendekatan yang terintegrasi.

"Posyandu COE ini menjadi model terpadu yang melibatkan semua kelompok usia, termasuk lansia, bayi, remaja, dan ibu hamil," jelas Bupati Sugiri kepada lintas86.com

Ia juga menekankan pentingnya menjaga agar tidak ada kelompok yang tertinggal, sehingga di masa tua, tempat tersebut akan merawat mereka dengan baik, memberikan kenyamanan, keamanan, dan ketenangan. 

"Di akhir kehidupan, orang tua harus merasa bahwa persiapan untuk masa tua dan kehidupan akhir mereka telah dilakukan dengan baik melalui pendidikan dan pemahaman yang diberikan sebelumnya,". Tambahnya

Program Posyandu COE ini melibatkan banyak pihak, termasuk kecamatan, balai desa, dan kelurahan,, serta akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

"Diharapkan, dengan adanya solusi yang dihadirkan melalui Posyandu COE, program ini dapat menjadi langkah maju yang tidak terlupakan bagi Ponorogo.". Pungkasnya

Kepala Puskesmas Sawoo, Supriyatno, menyatakan bahwa di wilayah kerja puskesmas, akan dilakukan integrasi dan penggabungan semua jenis Posyandu. Hal ini melibatkan Posyandu untuk balita, remaja, dewasa, dan lansia, termasuk ibu hamil. 

"Tujuan dari integrasi ini adalah untuk melayani semua siklus kehidupan masyarakat tanpa terbagi dalam kelompok-kelompok terpisah.". Ungkapnya 

Pihak puskesmas akan memberikan layanan terbaik kepada seluruh individu di wilayah tersebut, baik yang sehat maupun yang sakit. 

"Dengan adanya sistem ini, diharapkan derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat dan setiap individu dapat mendapatkan pelayanan yang optimal,". Jelasnya

Pada acara launching Posyandu COE ini, Puskesmas Sawoo merasa sangat terhormat karena menjadi bagian mengimplementasikan program ini di Kabupaten Ponorogo. 

"Kami dari Puskesmas Sawoo menyambut baik inisiatif Bupati Ponorogo yang peduli terhadap kesehatan masyarakat dan membantu dalam peningkatan derajat kesehatan. Puskesmas akan berkomitmen tinggi untuk mengawal derajat kesehatan masyarakat secara maksimal.". Tambahnya

"Dengan diluncurkannya Posyandu COE ini, diharapkan semua pihak, termasuk para pelaku dan insan yang terlibat dalam kegiatan ini, semakin semangat dalam menjaga derajat kesehatan masyarakat secara optimal,". Pungkasnya (aw/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url