Dua Kebakaran Hutan Terjadi di Ponorogo, Beruntung Tak Merembet ke Pemukiman | lintas86.com

Dua Kebakaran Hutan Terjadi di Ponorogo, Beruntung Tak Merembet ke Pemukiman



lintas86.com, Ponorogo - Dua lokasi kebakaran hutan terjadi di wilayah Ponorogo dalam semalam, Sabtu (27/7/2024). Kebakaran tersebut terjadi di tengah musim kemarau yang melanda wilayah Ponorogo.

Lokasi pertama terjadi di Petak 38A RPH Krebet, BKPH Ponorogo Barat KPH Lawu Ds Desa Karanglo Kidul Jambon. Sementara lokasi kedua terjadi di Petak 156 C, RPH Sawoo, KPH Lawu DS, atau Gunung Ngijo Desa Tugurejo Kecamatan Sawoo.

Kebakaran di Gunung Ngijo  menghanguskan lahan seluas sekitar 2 hektar. Beruntung, yang terbakar hanya serasah daun jati dan alang-alang di area lahan pohon jati.

Agung Prasetyo, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, membenarkan kejadian tersebut. "Ya, benar, kebakaran terjadi di dua titik," ungkapnya.

Ia menjelaskan, di Jambon, titik api berada cukup jauh dari pemukiman warga, sekitar 1,5 km. Sedangkan di Gunung Ngijo, titik api hanya berjarak 100 meter dari pemukiman penduduk. "Untungnya api tidak merembet ke pemukiman," imbuhnya.

Petugas gabungan dari BPBD, kepolisian, TNI, dan relawan langsung turun ke lokasi untuk melokalisir api dan mencegahnya merembet ke area lain.

"Apalagi kebakaran di hutan Jambon berada di puncak gunung," tambah Agung.

Mengenai penyebab kebakaran, pihak berwajib masih melakukan penyelidikan.  Agung menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menjaga hutan agar tidak terjadi kebakaran.

"Kami mohon masyarakat untuk menjaga hutan agar tidak terbakar," pungkasnya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url