Imam Utomo Resmi Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Lamongan | lintas86.com

Imam Utomo Resmi Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Lamongan


lintas86.com, Lamongan - Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lamongan periode 2024-2029 dilantik di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan pada Selasa (23/7/2024). Pelantikan dilakukan oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, H. Imam Utomo S, berdasarkan Surat Keputusan Kepala PMI Provinsi Jawa Timur Nomor 06/KEP/02.06.00/VII/2024 tanggal 8 Juli 2024.

Dalam sambutannya, H. Imam Utomo S menekankan pentingnya memahami undang-undang No. 1/2018 tentang tugas pokok PMI dan aturan organisasi. Dalam hal pelayanan darah, PMI diharapkan dapat menyediakan darah yang aman dan memadai. Hal ini meliputi mekanisme produksi darah, distribusi, dan pemusnahannya dengan adanya mekanisme yang tepat.

Selain itu, Imam Utomo mengingatkan tentang biaya pengganti darah sebesar Rp 490.000 per kantong, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Memkes/504/2024. Ia juga menyampaikan bahwa PMI Kabupaten/Kota sedang bersiap-siap menjalani proses akreditasi, yang saat ini ditunda karena International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) sedang mengembangkan standar dan skema penilaian untuk meningkatkan kualitas dan kredibilitas akreditasi.

Imam Utomo juga mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya PMI Lamongan dalam pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) di setiap sekolah. Ia mengungkapkan bahwa tidak perlu banyak anggota PMR, 30 orang saja sudah cukup. Ini sesuai dengan arahan dari Ibu Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. Selama ini, Lamongan juga aktif dalam penanganan bencana, termasuk dalam musim kemarau yang seringkali diwarnai oleh kekeringan.

Imam Utomo menekankan bahwa PMI adalah milik kita semua, dan kita semua yang hadir di sini adalah relawan PMI. Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Effendi, MBA, M.EK, juga menyampaikan selamat kepada dewan kehormatan dan pengurus yang baru dilantik. Ia berjanji akan membantu PMI dalam melengkapi sarana dan prasarana agar lebih berdaya dalam melayani masyarakat.

Di akhir sambutannya, Imam Utomo menyampaikan harapannya agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran untuk menjadi pendonor darah. Ia juga mengungkapkan pentingnya sosialisasi dalam mengubah persepsi masyarakat terkait donor darah. Ia berharap agar PMI terus dikembangkan di Lamongan dan bahwa pemerintah siap untuk membantu dalam kegiatan kemanusiaan.

Ketua PMI Lamongan, Drs. H. Agus Suyanto, MM, menyampaikan terima kasih kepada peserta Musyawarah Kabupaten yang telah memilihnya sebagai Ketua PMI Lamongan. Ia berkomitmen untuk melaksanakan program yang dihasilkan dari Musyawarah Kabupaten dan melaksanakan tugas pokok PMI, termasuk melalui pelatihan dan bantuan dalam penanganan musibah dalam dan luar negeri. PMI Lamongan juga telah terlibat dalam memberikan bantuan erupsi Gunung Semeru dan melaksanakan pelatihan lainnya.

Dalam bidang layanan darah, UDD Lamongan telah mencukupi 93 persen kebutuhan rumah sakit dan lainnya, sedangkan sisanya bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya. Terdapat juga 16 orang di Lamongan yang telah melakukan lebih dari 100 kali pendonoran.

PMI Lamongan aktif dalam pengembangan Palang Merah Remaja dengan keberadaan 27 unit di tingkat SMP/SMA/Aliyah. Namun, baru 8 unit yang telah aktif. PMI Lamongan berkomitmen untuk terus mengembangkan Palang Merah Remaja di Lamongan.

Pengurus Lengkap PMI Kab. Lamongan periode 2024-2029

Pelindung : Bupati Lamongan

Dewan Kehormatan

Ketua : Drs. H. Nalikan, MM

Anggota :

1. Akhmad Farikh,SH, MM

2. Ir. H. Munif Syarif, MM

Pengurus

Ketua : Drs. H. Agus Suyanto, MM

Wakil Ketua : H.M.Muhadjir,SH,M.Si

Sekretaris : H. Hari Moelyoko,SH, M.Si

Wakil Sekretaris : Nur Rahman,SE

Bendahara : Drs H. Siswo, M.Pd

Kabid Organisasi, Diklat dan PSD : Joko Nursiyanto, SH, MM

Kabid Pelayanan Darah/UDD : dr. M. Chaidir Anas M.MKes, M.EK

Kabid Sosial Kesehatan, Infokom : dr. Herwidyah Sidharyatri.

Kabid Bencana, Relawan dan Mitra Kerjasama : Drs. M. Satuwi Heruwidi, MM

Anggota

Bidang Organisasi : Rudy Wahyu Budiono,S.Pd

Bidang Pelayanan Darah/UDD : H. Eko Harijono, A.Md.Kes

Bidang Sosial Kesehata dan Imformasi : Nurul Cahyanti, S.Kep, M.Kes.

Bidang Bencana, Relawan dan Mitra Kerjasama : Subandi, S.Pd (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url