Kirab Budaya Guyubkan Warga Desa Karangrowo Kudus | lintas86.com

Kirab Budaya Guyubkan Warga Desa Karangrowo Kudus


lintas86.com, Kudus – Semangat kemerdekaan dan rasa syukur atas hasil bumi mewarnai Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus pada Minggu (28/7/2024).  Warga Dukuh Ngelo, Desa Karangrowo,  menyelenggarakan kirab budaya yang meriah,  dihadiri ratusan warga. 

Acara ini digelar dalam rangka memperingati Haul Mbah Lo dan Hari Kemerdekaan RI ke-79.

"Semua warga antusias mengikuti kirab ini.  Bahkan dari pihak RT/RW, perangkat desa, semuanya guyub membuat gunungan hasil bumi," ujar Kepala Desa Karangrowo,  Heri Darwanto.

Kirab budaya ini menampilkan 20 gunungan yang berisi hasil bumi seperti padi, tomat, lombok, dan lainnya.  Gunungan ini diarak  oleh 13 RT, 2 RW, dan 5 perangkat desa.

"Makna kirab ini merupakan simbol adat istiadat jaman dulu, bentuk kegotong-royongan rasa memiliki, cinta desa, dan mempersatukan masyarakat melalui kirab," terang Heri.

Kirab budaya ini juga merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas hasil pertanian yang melimpah.

"Harapannya dengan kirab ini masyarakat bisa saling bergotong royong, membangun desa melalui pertanian, ekonomi, dagang, dan lain-lain," tambah Heri.

Putri, salah satu warga Dukuh Ngelo, Desa Karangrowo, mengungkapkan harapannya bahwa kirab budaya ini dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di desa.

"Ya bagus, karena dengan kirab, masyarakat berkumpul semuanya dan gotong royong dalam membawa hasil gunungan.  Apalagi UMKM yang berjualan bisa terbantu," pungkasnya.

Kirab budaya ini menjadi bukti nyata semangat kebersamaan warga Desa Karangrowo dalam membangun desa dan menjaga warisan budaya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url