PMI Kabupaten Ponorogo Gelar Medical Check-Up untuk Pegawai | lintas86.com

PMI Kabupaten Ponorogo Gelar Medical Check-Up untuk Pegawai

Ketua PMI Kabupaten Ponorogo, Luhur Karsanto, saat ikuti medical check-up

lintas86.com, Ponorogo - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up (MCU) bagi seluruh pegawai pada Selasa, 2 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula PMI Kabupaten Ponorogo dan diikuti oleh pengurus dan seluruh pegawai dari Markas dan Unit Transfusi Darah (UTD).

Ketua PMI Kabupaten Ponorogo, Luhur Karsanto, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan MCU ini adalah untuk memastikan bahwa pegawai PMI dalam kondisi sehat dan produktif, mencegah terjadinya penyakit dan kecelakaan, serta mendeteksi dini berbagai jenis penyakit. 

"Pemeriksaan kesehatan berkala ini diharapkan dapat mengatasi masalah kesehatan pegawai secara lebih cepat, mudah, murah, dan menghindari timbulnya kecacatan,". Ungkapnya

Selain itu, pemeriksaan kesehatan berkala juga dapat menjadi data dasar untuk mendeteksi kemungkinan Penyakit Akibat Hubungan Kerja (PAHK) dan sebagai dasar untuk pengembangan kegiatan promosi kesehatan. 

Penentuan kelayakan kerja dari hasil MCU bertujuan untuk memastikan setiap individu layak bekerja efektif sesuai dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya tanpa risiko kesehatan dan keselamatan diri sendiri maupun rekan kerja.

Luhur Karsanto menegaskan bahwa pemeriksaan kesehatan pada karyawan tidak hanya sekadar memenuhi persyaratan pemerintah atau perusahaan, namun harus memperhatikan jenis pekerjaan, cara kerja, faktor bahaya kerja, dan rencana penempatan kerja karyawan. Hal ini penting untuk menentukan tingkat kelaikan kerja yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan aktivitas pekerjaan. 

"Kegiatan medical check-up bukanlah sekadar formalitas, melainkan upaya nyata dalam menjaga kesehatan dan keselamatan para pegawai PMI Kabupaten Ponorogo,". Pungkasnya (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url