PMI Lumajang Gelar Sosialisasi Gender, Equality, Disability, and Social Inclusion | lintas86.com

PMI Lumajang Gelar Sosialisasi Gender, Equality, Disability, and Social Inclusion


lintas86.com, Lumajang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat.  Pada Rabu, 10 Juli 2024, PMI Lumajang menggelar sosialisasi Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) di markas PMI kabupaten Lumajang.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama PMI dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Lumajang. 

"Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengurus, staf, relawan, dan kelompok rentan tentang GEDSI," terang Dra. Iswarini Jamilah selaku Ketua Panitia kegiatan.

Ketua PMI Lumajang, Budi Santoso, SH., M.Si.,  menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PMI terhadap kelompok rentan yang terkadang masih terpinggirkan.  Melalui sosialisasi ini, diharapkan pelayanan PMI dapat menjangkau seluruh kelompok masyarakat tanpa terkecuali.

Ir. Aisyah Salawati, Kepala Bidang PPKG (Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender) Dinsos P3A Lumajang, turut hadir sebagai narasumber. Ia menguraikan pentingnya pendekatan GEDSI dalam setiap kegiatan PMI.

“Misalnya dalam kejadian bencana, pendataan harus dilakukan secara detail dengan memilah berdasarkan jenis kelamin, usia (lansia, anak-anak), disabilitas, ibu hamil, dan sebagainya,” ujar Aisyah.

Lebih lanjut, Aisyah juga menekankan pentingnya penyediaan sarana dan prasarana yang ramah anak, perempuan, lansia, dan disabilitas di markas PMI.  Hal tersebut mencakup penyediaan kamar mandi yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.



"Ke depan, pelayanan PMI harus responsif GEDSI dan tidak boleh ada satu pun yang tertinggal," tegas Aisyah.

Diharapkan, melalui sosialisasi ini, PMI Lumajang dapat memberikan pelayanan yang lebih inklusif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url