Stok Menipis, PMI Ajak Masyarakat Donorkan Darah | lintas86.com

Stok Menipis, PMI Ajak Masyarakat Donorkan Darah



lintas86.com, Ponorogo - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo mencatat adanya penurunan stok darah yang cukup signifikan pada bulan Juli ini. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan permintaan darah yang cukup tinggi di bulan Juni, bertepatan dengan momen liburan sekolah dan hari besar keagamaan, sementara di sisi lain jumlah pendonor mengalami penurunan.

“Seperti yang kita ketahui bersama, kebutuhan darah merupakan kebutuhan yang dibutuhkan,” ujar Kepala UDD PMI Kabupaten Ponorogo, dr. Barunanto Ashadi kepada lintas86.com, Selasa, (09/07/2023).

Penurunan stok darah ini cukup mengkhawatirkan, terutama untuk golongan darah AB dan O yang jumlahnya berada di bawah angka aman, yaitu 50 kantong. Padahal, idealnya PMI Kabupaten Ponorogo dapat mengelola sekitar 1500-1600 kantong darah per bulan.

Untuk mengatasi kondisi ini, PMI telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menggencarkan ajakan donor darah melalui media massa dan pesan berantai WhatsApp kepada para pendonor. Upaya ini pun berbuah manis dengan adanya peningkatan jumlah pendonor dalam beberapa hari terakhir termasuk hari ini.

“Update stok pagi ini jam 10.00 WIB golongan darah A sejumlah 57, B sejumlah 59, O sejumlah 110, AB sejumlah 15, namun demikian, kami masih membutuhkan uluran tangan dari Bapak/Ibu sekalian. Mari kita sisihkan sedikit waktu dengan donor darah demi membantu sesama” ajak Barunanto.

PMI Kabupaten Ponorogo berharap masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam menjaga ketersediaan stok darah dengan mendonorkan darahnya secara rutin. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dapat langsung datang ke kantor PMI Kabupaten Ponorogo Jalan Dr. Soetomo No.7-9 Ponorogo. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url