Bupati Sugiri Sancoko Lepas Ratusan Pelajar Ponorogo pada Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-79 | lintas86.com

Bupati Sugiri Sancoko Lepas Ratusan Pelajar Ponorogo pada Lomba Gerak Jalan HUT RI ke-79


lintas86.com, Ponorogo - Semangat patriotisme dan jiwa perjuangan terpancar dari ratusan pelajar di Kabupaten Ponorogo yang mengikuti Lomba Gerak Jalan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79. 

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada tanggal 26 Agustus untuk jenjang SD, 27 Agustus untuk jenjang SMP, dan 28 Agustus untuk jenjang SMA/SMK.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, dengan penuh semangat mengibarkan bendera start lomba gerak jalan yang diawali oleh jenjang SD pada Senin (26/8/2024). 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Lomba Gerak Jalan, Wakhid Purwanto, S.Sos, Kabid Pemuda dan Olahraga Disbudparpora Kabupaten Ponorogo, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan untuk memperingati HUT RI ke-79.

"Tahun ini, sebanyak 25 sekolah jenjang SD, 34 sekolah jenjang SMP, dan 18 sekolah jenjang SMA/SMK mengikuti lomba ini," ungkap Wakhid.

Kepala Disbudparpora, Judha Slamet Sarwo Edi, menekankan pentingnya lomba gerak jalan sebagai media untuk menanamkan semangat patriotisme sejak dini. 

"Lomba ini bukan sekadar ajang kompetisi, tapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan," tegas Judha.

Ia menambahkan, "Untuk ke depan, kami akan mengadakan lomba juang menyusuri rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman, yang akan semakin meningkatkan semangat perjuangan bagi generasi muda."

Bupati Ponorogo, Kang Giri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa semangat perjuangan para pahlawan harus terus diwariskan kepada generasi muda. 

"Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah hasil perjuangan para pahlawan. Maka, tugas kita sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa yang berkualitas, seperti yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945," tegas Kang Giri.

Ia berharap, melalui lomba gerak jalan ini, para pelajar dapat meneladani semangat para pahlawan dan terus berupaya untuk membangun peradaban yang baik demi kemajuan Indonesia. (aw/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url