Ponorogo Luncurkan Road Sweeper, Percepat Kebersihan Menuju Kota Bersih | lintas86.com

Ponorogo Luncurkan Road Sweeper, Percepat Kebersihan Menuju Kota Bersih



lintas86.comPonorogo - Pemerintah Kabupaten Ponorogo terus berupaya mewujudkan kota bersih dengan meluncurkan kendaraan penyapu jalanan atau road sweeper. Peresmian ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah Ponorogo, Dr. Agus Pramono, mewakili Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, pada Jumat pagi (9/8/2024).

Road sweeper ini akan dioperasikan di sepanjang jalan protokol di Ponorogo, seperti Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Jendral Sudirman, sekitar alun-alun, Jalan Sriwijaya, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Gajahmada.

"Pengoperasian road sweeper ini adalah melengkapi pasukan kuning yang sudah ada. Alat ini akan beroperasi mulai jam 04.00 hingga jam 07.00 pagi," jelas Agus Pramono kepada awak media.

Dengan harga Rp. 3,7 miliar, road sweeper ini diharapkan dapat membantu percepatan kebersihan, efisiensi, efektivitas, dan kecepatan dalam membersihkan jalanan. "Dengan kendaraan road sweeper ini, Ponorogo akan menjadi lebih indah, teman-teman DLH juga lebih bersemangat, hasilnya Kabupaten Ponorogo menjadi glowing bersih baik jalan dan taman," tambah Agus.

Sekda Agus Pramono juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo, Gulang Winarno, beserta jajaran atas peluncuran road sweeper ini sebagai kado untuk Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke-528.

"Yang mengusung tema Serenade Langit Tembaga, yang menggambarkan suatu keadaan sore hari yang indah, yang menjadikan kita lebih optimis. Selamat kepada Pak Gulang, launching mobil ini sebagai hadiah di hari jadi Ponorogo ke-528 sekaligus menyongsong HUT RI ke-79," ujar Sekda.

Gulang Winarno mengungkapkan rasa syukurnya atas kepercayaan pemerintah Kabupaten Ponorogo kepada DLH dalam pengadaan road sweeper ini. "Terima kasih Pak Sekda, dimana komitmen Pak Bupati dalam percepatan kebersihan khususnya di wilayah Adipura, dimana harapan kita dengan adanya road sweeper ini mampu memberikan kebersihan yang meningkat dibanding sebelumnya," ungkapnya.

Untuk mendukung lancarnya operasi road sweeper ini, Gulang meminta bantuan Camat Kota untuk mensosialisasikannya kepada warga. "Kami mohon bantuan Kepala Kelurahan untuk disosialisasikan kepada warga adanya operasi road sweeper ini, yang mana jalan yang dilalui harus benar-benar steril dari kendaraan pada jam 04.00 hingga 07.00 pagi agar optimal dalam membersihkan sampah," kata Gulang.

Gulang yakin, dengan operasinya road sweeper ini akan menambah semangat untuk meraih Adipura yang sudah lama tidak diraih.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Sekretaris Daerah Agus Pramono, Jamus Kepala PU, Sapto Kepala Kominfo, Camat Kota, Kapolsek Kota, Kepala Kelurahan se Kecamatan Kota, Kadishub, dan jajaran DLH Ponorogo. (aw/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url