Ratusan Kendaraan Hias Meriahkan HUT RI ke-79 di Kecamatan Mlarak, Ponorogo | lintas86.com

Ratusan Kendaraan Hias Meriahkan HUT RI ke-79 di Kecamatan Mlarak, Ponorogo


lintas86.comPonorogo - Semangat kemerdekaan terpancar di wajah warga Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, saat mengikuti karnaval yang diikuti oleh rarusan kendaraan hias dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Rabu (28/8/2024). 

Sebanyak 159 kendaraan hias dari berbagai desa, dinas, pengusaha, sekolah, pondok pesantren, dan warga masyarakat meramaikan jalanan.

Start dari lapangan Suntari, iring-iringan kendaraan hias yang dihiasi dengan berbagai ornamen dan warna-warni menarik perhatian masyarakat yang memadati sepanjang rute karnaval. 

Tak hanya kendaraan, para peserta juga mengenakan kostum busana adat nasional, termasuk Camat Mlarak, Joko Setiawan, S.STP, M.Si.

Luar biasanya, Camat Mlarak bersama punggawa kecamatan naik kereta kelinci berhias aneka bunga, menambah semarak suasana karnaval.

Ketua panitia HUT RI ke-79 Kecamatan Mlarak tahun 2024, Joana Da Costa, S.Sos, M.Si, mengungkapkan kebanggaannya terhadap antusiasme warga masyarakat Mlarak. 

"Hari ini kita perlihatkan dengan penampilan masing-masing peserta warga se kecamatan Mlarak. Mereka bebas mengekspresikan kegembiraannya menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia," tuturnya.

Joana juga menyampaikan bahwa sejumlah agenda rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-79 telah disiapkan panitia, termasuk lomba PBB, sujud syukur, do'a bersama, upacara bendera, lomba karaoke, lomba futsal berdaster, pawai kendaraan hias PAUD, lomba memasukan paku dalam botol, teklek, lomba rias wajah tertutup, bola voli, reog jaranan tek, gajah gajahan, kendaraan hias, dan elektone.

"Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan tetapi juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan memperkuat nilai-nilai luhur yang diperjuangkan para pahlawan bangsa," tegas Joana.

Senada dengan Joana, Camat Mlarak, Joko Setiawan, S.STP, M.Si, mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya kegiatan peringatan HUT RI ke-79 di Kecamatan Mlarak. 

"Acara ini bukan hanya ungkapan rasa syukur kita atas kemerdekaan tapi juga menjadi hiburan masyarakat sekaligus mempererat rasa kebersamaan dan cinta budaya diantara warga sebagai wujud nyata dukungan terhadap pelestarian budaya tradisional dan peluang ekonomi bagi para pedagang lokal," ungkap Joko.

Joko berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi momen berkesan setiap tahunnya untuk memperingati HUT RI.

Karnaval HUT RI ke-79 di Kecamatan Mlarak tidak hanya berhasil menyuguhkan hiburan yang memuaskan tetapi juga menjadi simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam merayakan kemerdekaan. Di tengah riuhnya sorak sorai penonton dan semangat para peserta tersirat harapan besar untuk Indonesia yang lebih baik di masa mendatang. (aw/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url