SMPN 4 Ponorogo Gelar Kontekstualisasi Suara Demokrasi | lintas86.com

SMPN 4 Ponorogo Gelar Kontekstualisasi Suara Demokrasi



lintas86.com, Ponorogo – SMPN 4 Ponorogo, dalam upaya penguatan profil pelajar pancasila, khususnya tema 1 suara demokrasi, berkolaborasi dengan KPU Ponorogo menyelenggarakan acara Kontekstualisasi Suara Demokrasi di Kabupaten Ponorogo. 

Acara yang berlangsung di Gedung Pertemuan SMPN 4 Ponorogo, Rabu, 28 Agustus 2024, diikuti oleh 263 siswa dan dibuka secara resmi oleh Kepala SMPN 4 Ponorogo, Winarti, M.Pd.

Sebagai narasumber, Ketua KPU Ponorogo, R Gaguk Ika Prayitna, S.Sos, MAP., menyampaikan materi tentang Pemilu. 



Gaguk menjelaskan pentingnya proses Pemilu dan bagaimana siswa sebagai calon pemilih aktif dapat berperan dalam menentukan pemimpin yang efektif dan representatif.

"Tahun ini Kabupaten Ponorogo punya hajat besar yakni Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati. Sejak tanggal 27 Agustus 2024, pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati telah dimulai. Hari ini waktu yang sangat pas untuk kita sosialisasikan dan kenalkan proses Pemilu kepada adik-adik SMPN 4 Ponorogo yang nantinya juga akan menjadi pemilih aktif," ungkapnya.

"Terima kasih atas waktu yang diberikan. Semoga di masa mendatang, adik-adik di SMPN 4 Ponorogo bisa menjadi pemilih yang cerdas," tambah Gaguk.


Kepala SMPN 4 Ponorogo, Winarti, M.Pd, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan Ketua KPU Ponorogo untuk berbagi pengetahuan tentang Pemilu kepada para siswa. 

"Materi yang disampaikan langsung oleh Ketua KPU Ponorogo sangat luar biasa. Semoga mampu diterapkan dalam sistem demokrasi yang ada di SMPN 4 Ponorogo," ujarnya.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya demokrasi dan partisipasi aktif dalam Pemilu, baik di lingkungan sekolah maupun di tingkat yang lebih luas.


"Dengan memahami proses pemilihan dan hak serta kewajiban sebagai pemilih, diharapkan siswa dapat menjadi generasi penerus yang cerdas dan bertanggung jawab dalam berdemokrasi,'. TUutup Winarti. (min)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url