Antusias Masyarakat Ikuti Rekrutmen Relawan PMI Banyuwangi | lintas86.com

Antusias Masyarakat Ikuti Rekrutmen Relawan PMI Banyuwangi



lintas86.comBanyuwangi
 – Demi memperkuat kaderisasi relawan, PMI Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Open Rekrutmen relawan yang tergabung di Korps Sukarela (KSR) yang berlangsung sejak 28 Agustus hingga 8 September 2024. 

Antusiasme masyarakat terhadap program ini sangat tinggi, terbukti dengan terpenuhinya kuota pendaftar sebelum batas waktu pendaftaran berakhir. Lebih dari 30 orang mendaftar melalui tautan yang disebarluaskan.

Hari ini, Selasa (10/9/2024), para calon relawan yang telah mendaftar menjalani tahapan seleksi di Kelurahan Bakungan. Seleksi ini meliputi tiga tahap, yaitu administrasi, wawancara, dan tes kesehatan fisik.

“Proses rekrutmen ini akan melalui beberapa tahapan seleksi sesuai dengan Manajemen Relawan PMI,” jelas Drs. Yaseni Bachtiar, M.Pd., pengurus yang membidangi relawan sekaligus Ketua Panitia Rekrutmen.

Korps Sukarela (KSR) PMI merupakan wadah bagi generasi muda yang ingin mengabdikan dirinya di bidang kemanusiaan dan berbagai pelayanan masyarakat. Rekrutmen ini terbuka bagi masyarakat umum berusia 18-30 tahun, baik dari kalangan mahasiswa, alumni PMR, maupun anggota kelompok pemuda lainnya.

Salah satu hal menarik dalam seleksi KSR PMI Banyuwangi kali ini adalah pelaksanaan donor darah yang diikuti oleh seluruh peserta rekrutmen. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan loyalitas kepada organisasi PMI, menilai kesehatan fisik para calon relawan, dan memperkuat sinergitas antara Markas dan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyuwangi.

"Nantinya, setelah dinyatakan lulus seleksi, mereka akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar KSR sesuai kurikulum baru yang ditetapkan PMI Pusat," terang Drs. Sutiyono, Kepala Markas PMI Kabupaten Banyuwangi.

“Kegiatan ini mendapat dukungan dari program kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang didukung oleh Palang Merah Amerika dan USAID yang dilaksanakan di PMI Kabupaten Banyuwangi. Setelah kegiatan ini, diharapkan para relawan yang telah dilatih dapat mendukung kegiatan bersama SIBAT di masyarakat.". Pungkasnya (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url