Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 11 Magelang | lintas86.com

Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 11 Magelang


lintas86.com, Magelang
– SMP Negeri 11 Magelang menggelar acara Penguatan Pendidikan Karakter peserta didik pada hari Jumat, 27 September 2024, di lapangan sekolah. 

Kegiatan ini mengusung tema "Terwujudnya Karakter Generasi Berakhlak di Era Modern" dan merupakan hasil kolaborasi antara Sie Kesiswaan dan Kerohanian.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 11 Magelang, Deni Kurniyawan, S.Pd, menjelaskan bahwa acara ini bertujuan sebagai cooling down setelah para peserta didik melaksanakan Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) satu minggu yang lalu. 

“Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga sangat penting untuk membentuk karakter yang baik sejak dini,” ujarnya. 

Beliau menekankan pentingnya pendidikan karakter di tengah maraknya penyalahgunaan media sosial di kalangan remaja saat ini.

Sebagai narasumber, Ahmad Latif, S.S., pengasuh Ponpes Hidayatussibyan Karet Magelang, memberikan materi tentang cinta kepada Rasulullah SAW. 

Dalam penyampaianya, ia menekankan bahwa salah satu cara untuk menunjukkan cinta adalah dengan memperbanyak menyebut nama beliau melalui bacaan sholawat. 

"Dalam salah satu hadist disebutkan, ‘Barang siapa yang cinta kepadaku, maka akan bersamaku di surga,’” katanya.

Acara diawali dengan pembacaan sholawat berzanji sebagai bentuk penghormatan pada bulan kelahiran Rasulullah SAW. Selain itu, bagi peserta didik non-Islam, kegiatan juga dilaksanakan dengan pembentukan karakter sesuai dengan ajaran yang dianut masing-masing.

Melalui kegiatan ini, SMP Negeri 11 Magelang berharap dapat menciptakan generasi yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang baik dan berakhlak mulia di era modern. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url