PMI Nganjuk Sukses Gelar Sikom dan PMR Award | lintas86.com

PMI Nganjuk Sukses Gelar Sikom dan PMR Award


lintas86.com, Nganjuk - PMI Kabupaten Nganjuk Sukses menggelar kegiatan Pembinaan dan evaluasi Palang Merah Remaja ( PMR) Tingkat Mula ,Madya dan Wira Se Kabupaten Nganjuk. 

Kegiatan bertajuk Silaturahmi dan Kompetisi (SIKOM) PMR ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Nganjuk pada tanggal 14 – 15 September 2024, dan PMR AWARD yang telah dilaksanakan lebih dulu pada tanggal 02 – 12 September 2024.


Pada kegiatan SIKOM PMR ini diikuti oleh 1231 anggota PMR yang berasala dari  19 regu dari Tingkat Mula, setiap regu berjumlah 11 anggota, 37 Regu dari Tingkat Madya dan 36 Tingkat Wira. setiap regu Tingkat madya dan wira berjumlah 14 anggota.  Jenis kompetisi yang di lombakan adalah :

Presentasi

Materi Gerakan kepalangmerahan ( Mula )

Sanitasi dan Kesehatan ( Mula )

Kepemimpinan ( Madya )

Kesiapsiagaan Bencana ( Madya )

Kesehatan Remaja ( Wira )

Donor Darah ( Wira )

Praktek

Penanganan Pertolongan Pertama ( Mula , Madya dan Wira )

Melintasi Pagar tembok ( Madya , Wira )

Evakuasi ambulan ( Wira )

Cerdas cermat Tingkat Mula , Madya dan Wira

Masing peserta akan mendapatkan piala penghargaan juara 1- 5 masing masing item lomba dan piala peringkat dari akumulasi keseluruhan lomba.

Upacara pembukaan kegiatan SIKOM PMR di dihadiri oleh Kepala Sekolah, dan Pembina PMR serta dinas terkait, dibuka resmi oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Nganjuk Drs. Nur Solekan,M.Si.

"Pemerintah sangat mendukung pembinaan PMR di usia muda guna menyongsong Indonesia Emas,". Ungkapnya 

"Kegiatan ini perlu ditingkatkan agar karakter karakter positif terbentuk, mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat harus diimbangi dengan karakter yang baik,sopan dan santun. Kegiatan ekstrakurikuler PMR ini harus dilaksanakan disekolah sekolah untuk pengembangan karakter remaja yang sehat, bersih , bertanggung jawab serta ceria,". Jelasnya

Kepala sekolah SMP Negeri 2 Nganjuk Ani Sutiani menyampaikan terimakasih telah diberi kesempatan dan kepercayaan menjadi tuan rumah dalam kegiatan yang diselenggarkan oleh PMI kabupaten Nganjuk.

"Terimakasih atas kepercayaan dslam kegiatan ini dan mohon maaf apabila dalam kegiatan kami sebagai tuan rumah belum maksimal dalam memberikan pelayanan sebagai tuan rumah,". Ujarnya

Sementara itu, Maya oktavia salah satu peserta dari unit PMR SMA Negeri 1 Nganjuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada PMI Kabupaten Nganjuk yang mengadakan kegiatan ini serta  perasaan Bahagia dan senang bisa mengikuti kegiatan SIKOM PMR ini. 

"Besar harapan kami dapat diadakan setiap tahun untuk mengevaluasi pembinaan PMR di masing masing sekolah. Mungkin bisa ditambah jenis lombannya agar lebih menarik di tahun tahun berikutnya,". Ujarnya

Untuk kegiatan PMR AWARD dilaksanakan pada tanggal 02 – 12 September 2024. Selama 10 hari untuk visitasi, diikuti oleh 10 Unit PMR Tingkat Mula, 20 Unit PMR Tingkat Madya dan 25 Unit PMR Tingkat Wira yang siap mengikuti PMR AWARD. 

PMR AWARD merupakan Kegiatan penilaian unit PMR di masing masing sekolah, penilaian ini dilaksanakan 2 tahun sekali sebagai bentuk Proses Pembinaan dan Evaluasi yang dilakukan PMI Kabupaten Nganjuk guna meningkatkan kualitas, kapasitas unit PMR di masing masing sekolah. 

Dalam kegiatan ini dilakukan visitasi ke unit PMR, visitasi ini berupa tilik dokumen, sarpras , ruang PMR dan lain sebagainya.

PMR AWARD tahun 2024 ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya sebelumnya yang sudah dilaksnakan tahun 2022.

Ada 10 indikator penilaian dalam PMR AWARD ini yang telah disampaikan saat Technical Meeting.

Kepemilikan ruang PMR + Sarana Prasarana

Program Kerja PMR

Pembina dan Fasilitator PMR

Administrasi

Database Anggota PMR

Struktur organisasi PMR

SK dan Nomor Unit PMR

Hasil Kegiatan / Prestasi PMR

Dukungan Sekolah

Identitas PMR / Papan Nama PMR

Penilai / juri pada kegiatan ini adalah Pengurus,Staf dan Relawan yang berkompeten untuk melakukan penilaian secara keseluruhan. 

Dari hasil penilaian ini akan di ambil peringkat 1 -5 terbaik serta diberikan uang pembinaan, piagam dan piala untuk peringkat 1 – 3 , untuk peringkat 4 dan 5 mendapatkan piagam dan piala yang rencana akan diserahkan pada HUT Palang Merah Indonesia Ke 79 di aula PMI Kabupaten Nganjuk pada tanggal 19 September 2024 oleh PJ Bupati Kabupaten Nganjuk.

Ketua PMI kabupaten Nganjuk Drs. Lishandoyo,M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan SIKOM PMR dan PMR AWARD ini sebagai wujud tanggung jawab PMI dalam Pembinaan PMR di wilayah Kabupaten Nganjuk

"Meskipun belum dikatan sempurna kami terus berbenah untuk kemajuan dan perkembangan PMR. Dan juga kegiatan ini sebagai tindak lanjut penandatangan Nota Kesepahaman antara PMI kabupaten Nganjuk dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Kantor KEMENAG Kabupaten Nganjuk, dan Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Nganjuk,". Ujar Lishandoyo kepada lintas86.com

Beliau juga menambahkan bahwa piagam atau sertifikat kejuaraan SIKOM PMR dapat digunakan menambah poin untuk mendaftar jalur prestasi pada penerimaan peserta didik baru. 

"Atasnama PMI mengucapkan terimakasih juga kepada semua pihak yang terlibat yakni Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Dinas Pendidikan, Kemenag, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Relawan PMI Kabupaten Nganjuk yang telah Bekerja keras sebelum dan selama proses kegiatan. Serta pihak pihak lain yang tidak dapat saya sampaikan satu persatu,"Tambahnya

Kegiatan SIKOM PMR ditutup Oleh Wakil Ketua PMI Kabupaten Nganjuk Drs. Toto Nuswantoro,MM dan dilanjutkan dengan pemberian piala penghargaan dan piala peringkat keseluruhan. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url