Rayakan HUT Ke-79, PMI Banyuwangi Gelar Aksi Kemanusiaan dan Aksi Adaptasi Iklim | lintas86.com

Rayakan HUT Ke-79, PMI Banyuwangi Gelar Aksi Kemanusiaan dan Aksi Adaptasi Iklim


lintas86.comBanyuwangi - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi merayakan HUT ke-79 dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan kemanusiaan yang bertema "Aksi Adaptasi Iklim". Rangkaian kegiatan ini dimulai sejak tanggal 13 September 2024 dengan talkshow di Radio Blambangan FM yang membahas tentang Peringatan HUT PMI di Kabupaten Banyuwangi, Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi dukungan Palang Merah Amerika dan USAID, serta Baksos Pemeriksaan Mata dan Operasi Katarak Gratis.

Puncak peringatan HUT PMI ke-79 dilaksanakan pada tanggal 17 September 2024 dengan Apel Peringatan HUT PMI di Halaman PMI Kabupaten Banyuwangi. 

Apel ini diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada para pendonor darah dengan kategori 10 kali, 25 kali, 50 kali, 75 kali, 100 kali, dan kepada Kelompok Donor Darah Sukarela (KDDS).

 Selain itu, sebagai bentuk kesiapsiagaan, simulasi evakuasi mandiri gempa bumi juga dilakukan yang diperankan oleh Peserta Pelatihan Dasar KSR PMI yang dilaksanakan pada tanggal 12 - 17 September 2024 di Hotel Mirah, dukungan Palang Merah Amerika dan USAID.

Ketua Harian PMI Kabupaten Banyuwangi, Dr. H. Nurhadi, MM., dalam sambutannya menekankan pentingnya aksi adaptasi iklim dan mengajak seluruh komponen PMI untuk bergerak menolong sepenuh hati bersama pemangku kepentingan terkait. 

"Dengan tema Aksi Adaptasi Iklim ini diharapkan seluruh komponen PMI diberbagai tingkatan dapat bergerak menolong sepenuh hati dengan pemangku kepentingan terkait meliputi : Pemerintah Daerah, Korporasi, Lembaga Sosial, dan masyarakat untuk dapat bersama – sama bergerak membangun ketahanan dan ketangguhan negeri dalam menghadapi berbagai permasalahan bangsa khususnya dampak Perubahan Iklim pada bumi kita.". Ujarnya

Setelah Apel, peserta mengikuti Tasyakuran HUT PMI dan dilanjutkan dengan Baksos pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 50 paket. Sudiartini, warga Kelurahan Kepatihan, salah satu penerima bantuan sembako, merasa sangat bersyukur dan senang atas bantuan tersebut. 

"Saya sangat bersyukur dan senang sekali bisa menerima bantuan sembako dari PMI yang rutin dilakukan setiap tahun. Barakalloh untuk PMI semoga sukses dan jaya selalu," ungkapnya.

Menyesuaikan tema HUT PMI, PMI Kabupaten Banyuwangi juga mengadakan Penanaman Mangrove pada tanggal 15 September 2024 di Teluk Pang Pang Desa Wringinputih Muncar. 

Sebagai bentuk mitigasi kesehatan, PMI Kabupaten Banyuwangi juga mengadakan Pelatihan Juru Pemantau Jentik pada Kader SIBAT dan Relawan PMI Kabupaten Banyuwangi sebanyak 40 orang pada tanggal 18 September 2024. 

Pelatihan ini merupakan kerjasama PMI dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.

Rangkaian kegiatan ini menunjukkan dedikasi PMI Kabupaten Banyuwangi dalam menjalankan tugas kemanusiaan, serta kepeduliannya terhadap isu perubahan iklim dan kesehatan masyarakat. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url