Ribuan Anggota PMR Sukseskan Jumbara PMI Kabupaten Klaten | lintas86.com

Ribuan Anggota PMR Sukseskan Jumbara PMI Kabupaten Klaten



lintas86.comKlaten - Semangat perubahan, inovasi, dan karakter kuat terpancar dari wajah ribuan anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten tahun 2024. 

Acara yang berlangsung selama empat hari, mulai 2 hingga 5 September 2024, ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Kepurun, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten.

Ketua PMI Kabupaten Klaten, Drs. H. Purwanto Anggono Cipto, M.Si, menjelaskan bahwa Jumbara ini diikuti oleh anggota PMR Mula setingkat SD, PMR Madya setingkat SMP, dan PMR Wira setingkat SMA. 

"Mereka akan mengikuti berbagai kegiatan lomba baik prestasi maupun nonprestasi," ujar Purwanto.

Ketua panitia Jumbara, Kamidi, S.Pd, M.Pd, menambahkan bahwa total peserta Jumbara mencapai 3.200 orang, terdiri dari PMR Mula (450 orang), PMR Madya (1.040 orang), PMR Wira (500 orang), pembina PMR (390 orang), pendukung (400 orang), dan panitia (450 orang).

Jumbara PMR PMI Kabupaten Klaten tahun ini mengangkat tema "Perubahan, Inovatif, dan Berkarakter". 

Purwanto AC menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi PMR untuk belajar menjalankan perannya sebagai pendukung sebaya, model sebaya, dan pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup.

"Selama kegiatan Jumbara, para peserta akan mengikuti kegiatan nonprestasi seperti upacara/apel, workshop, bakti masyarakat, wisata edukasi, dan kegiatan gembira seperti olahraga dan keakraban antar peserta," jelas Purwanto.

Untuk kegiatan prestasi, para peserta akan mengikuti lomba seperti game PMR, pertolongan pertama, perawatan keluarga, donor darah, dan game kepalangmerahan.

Pembukaan Jumbara PMR PMI Kabupaten Klaten dilaksanakan di lapangan Bumi Perkemahan Kepurun, Kecamatan Manisrenggo. 

Acara dibuka oleh Bupati Klaten, Hj. Sri Mulyani, SM, yang diwakili oleh Kalak BPBD Kabupaten Klaten, Syahruna. SH., CN, dan dihadiri oleh perwakilan dari PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Se-Solo Raya.

"Saya atas nama pribadi maupun pemerintah Kabupaten Klaten memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PMI Kabupaten Klaten terhadap apa yang telah didedikasikan selama ini," ujar Syahruna. 

"Saya juga menyambut baik kegiatan Jumbara yang akan dimulai hari ini yang diikuti 3.200 peserta yang terdiri PMR Mula, PMR Madya, dan PMR Wira se-Kabupaten Klaten." Pungkasnya

Usai upacara pembukaan, para peserta menyaksikan secara bersama-sama simulasi penanganan korban bencana alam gempa bumi dan penanganan kebakaran yang dilakukan oleh tim dari PMI Kabupaten Klaten dan PMR SMA N 1 Prambanan. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url