Talkshow Membangun Layanan Kemanusiaan yang Bermartabat Latgab dan Temu SIBAT Nasional III di Kebumen | lintas86.com

Talkshow Membangun Layanan Kemanusiaan yang Bermartabat Latgab dan Temu SIBAT Nasional III di Kebumen





lintas86.com
Kebumen - Latihan Gabungan (Latgab) dan Temu SIBAT Nasional ke-III yang digelar di Kabupaten Kebumen menjadi wadah bagi Palang Merah Indonesia (PMI) untuk meningkatkan kapasitas dan respons terhadap tantangan perubahan iklim serta isu kemanusiaan. Acara yang berlangsung dari 23 hingga 27 September 2024 ini dihadiri oleh perwakilan anggota SIBAT dari 27 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Salah satu sesi yang menarik perhatian adalah Talkshow Membangun Layanan Kemanusiaan yang Bermartabat. Rabu, (26/09/2024).
 
Talkshow ini menghadirkan narasumber dari berbagai lembaga terkait, seperti BNPB, IFRC, USAID, PMI DIY, PMI Jatim, Child Fund Indonesia, serta PMI Pusat.

Dr. Muchamad Taufiq, Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Jatim, menyampaikan beberapa poin penting dalam talkshow ini.

"Code of Conduct menjadi dasar bagi relawan/SIBAT dalam menjalankan tugas pelayanan bantuan kemanusiaan yang bermartabat,". Ungkap Dr. Taufiq. kepada lintas86.com. Rabu, (26/09/2024)
 
"SK SIBAT juga harus diterbitkan dari tingkat Desa/Kelurahan untuk memberikan kepastian hukum bagi relawan. Selain itu, keselamatan diri relawan menjadi prioritas dalam menjalankan tugas.". Jelasnya

Dr. Taufiq juga menekankan pentingnya memanfaatkan media sosial, terutama dalam konteks dampak bencana dan bantuan kemanusiaan.

Talkshow ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para peserta mengenai prinsip-prinsip layanan kemanusiaan yang bermartabat dan peran penting relawan dalam menjalankan tugas itu.

"Dengan adanya talkshow ini, para peserta dapat bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam memperkuat pelayanan kemanusiaan yang berkualitas dan berintegritas,". Tambahnya

Latgab dan Temu SIBAT Nasional ke-III di Kebumen menjadi momentum penting bagi PMI untuk terus meningkatkan kapasitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas kemanusiaan, sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik dan bermartabat kepada masyarakat. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url