Antusias Pramuka Ponorogo Ikuti JOTA-JOTI ORARI | lintas86.com

Antusias Pramuka Ponorogo Ikuti JOTA-JOTI ORARI



lintas86.com, Ponorogo
Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI) kembali digelar di Ponorogo, pada tanggal 19 hingga 20 Oktober 2024. Kegiatan berskala internasional ini diadakan di Halaman Kwarcab Ponorogo, Jalan Peamuka, dan diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai SMA dan SMK di daerah tersebut.

JOTA-JOTI merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk memberikan literasi kepada anggota Pramuka tentang komunikasi menggunakan perangkat radio. Tahun ini, kegiatan ini diselenggarakan berkolaborasi antara ORARI Ponorogo dan Kwarcab Tuban. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Ponorogo, Sumani, yang didampingi oleh anggota ORARI, Febri Weli Daini.

Selama kegiatan, peserta didampingi oleh anggota ORARI yang berpengalaman. Febri Weli Daini menjelaskan, “Ada berbagai kegiatan yang dilakukan dalam JOTA-JOTI ini, mulai dari sarasehan tentang apa itu ORARI, hingga praktik menggunakan perangkat komunikasi yang ada.”

Antusiasme peserta terlihat jelas saat mereka melakukan komunikasi dengan mode Single Side Band (SSB) dengan teman-teman mereka dari Sabang hingga Merauke, bahkan hingga ke luar negeri. Mereka saling berkenalan dan bertukar informasi mengenai situasi serta identitas diri masing-masing.

Dalam mode Satelit, para peserta berhasil berkomunikasi dengan YH0S (Station Induk – Kwarnas), menerima gambar SSTV, mengikuti kuis “tebak gambar” SSTV, serta mendengarkan dan menerjemahkan transmisi morse. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi, tetapi juga memperluas wawasan dan jaringan pertemanan antar anggota Pramuka.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, anggota Pramuka di Ponorogo semakin tertarik untuk bergabung dengan ORARI dan mengembangkan pengetahuan mereka di bidang teknik, organisasi, serta memperluas pertemanan baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, JOTA-JOTI kali ini menjadi momentum penting bagi generasi muda di Ponorogo untuk belajar dan berinteraksi secara global melalui teknologi komunikasi yang ada.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com. (min)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url