Masyarakat Banyuwangi Gabung SIBAT PMI, Siap Beraksi untuk Mitigasi | lintas86.com

Masyarakat Banyuwangi Gabung SIBAT PMI, Siap Beraksi untuk Mitigasi



lintas86.comBanyuwangi – Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi telah merekrut relawan Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT) di Desa Pengatigan, Kecamatan Rogojampi. Sabtu, (19/10/2024)

 Kegiatan ini merupakan bagian dari program kesiapsiagaan bencana gempa bumi fase 2 yang didukung oleh PMI Pusat, Palang Merah Amerika, dan USAID.

Acara seleksi dibuka oleh Kepala Desa Pengatigan, Mulyadi, SE, yang menekankan pentingnya keikhlasan dalam menjadi relawan SIBAT. 

"Keikhlasan adalah kunci. Semua yang kita lakukan demi kegiatan sosial akan mendapat balasan di akhirat," ujarnya. 

Ia berharap tim SIBAT yang terpilih dapat mendedikasikan diri untuk mendukung kegiatan PMI di wilayah tersebut.

Kepala Markas PMI Kabupaten Banyuwangi, Drs. Sutiyono, menjelaskan bahwa tim SIBAT akan berperan sebagai penghubung antara PMI dan masyarakat.

"Relawan SIBAT yang terpilih akan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesiapsiagaan bencana," jelasnya.

Seleksi dihadiri oleh 33 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk PKK, kader posyandu, pemuda/karang taruna, mahasiswa, tokoh masyarakat, staf desa, dan tukang. Proses seleksi meliputi pengisian biodata, wawancara, dan penandatanganan komitmen.

Dari proses tersebut, terpilihlah 25 relawan SIBAT yang siap berkontribusi. Salah satu peserta, Elli dari kader PKK, menyatakan kesiapannya untuk beraksi demi mitigasi

"Bersama SIBAT PMI saya ingin beraksi demi mitigasi dengan menularkan ilmu yang saya dapat kepada masyarakat demi keselamatan bersama"

Fasilitator kegiatan berharap agar seluruh tim SIBAT yang terpilih dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Banyuwangi. 

"Kami siap terlibat dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat" imbuhnya.

Dengan semangat dan komitmen tinggi, Tim SIBAT diharapkan menjadi garda terdepan dalam mendukung upaya mitigasi bencana di Kabupaten Banyuwangi. Masyarakat siap beraksi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua.

*Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com* (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url