PMI Bantu BPBD Atasi Krisis Air Bersih di Sikka | lintas86.com

PMI Bantu BPBD Atasi Krisis Air Bersih di Sikka





lintas86.com, Sikka – Bencana kekeringan yang melanda sebagian besar Kabupaten Sikka, termasuk Desa Reroroja di Kecamatan Magepanda, telah mengakibatkan kesulitan akses air bersih bagi masyarakat setempat. 

Dalam upaya membantu pemerintah dan masyarakat yang terdampak, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sikka bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Kondisi di Desa Reroroja semakin memprihatinkan, di mana warga terpaksa mengambil air dari kubangan di sungai Magepanda dengan menempuh jalan terjal yang berisiko tinggi, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. 

Menanggapi laporan dari masyarakat pada tanggal 09 oktober 2024 PMI Kabupaten Sikka berkoordinasi dengan pihak desa dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mendistribusikan air bersih langsung ke rumah-rumah warga yang membutuhkan.

Johanes BC. Putu Botha, ST Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sikka hadir dan turun langsung memantau kondisi masyarakat di desa Reroroja menyampaikan bahwa BPBD dan PMI hadir untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih yang diakibatkan bencana kekeringan. 

"Menindaklanjuti berita viral yang disiarkan stasiun TV Nasional, BPBD dan PMI Kabupaten Sikka hadir untuk pemenuhan kebutuhan air bersih kepada masyarakat. Jika ada yang mengalami krisis air bersih kami meminta pemerintah desa untuk bersurat serta melaporkan wilayah terdampak,". Ungkapnya

"hasil pantauan kami, ada beberapa wilayah yang perlu dilakukan pendistribusian langsung ke rumah-rumah warga”, Jelas Johanes.

Johanes menyampaikan apresiasi kepada PMI yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah untuk membantu masyarakat

“Terimakasih kepada PMI yang sudah bersedia mendukung aksi pemenuhan air bersih kepada masyarakat terdampak di desa Reroroja ini”.

Pemerintah desa Reroroja menyampaikan bahwa kelangkaan air bersih yang dialami oleh masyarakat disebabkan adanya perubahan iklim yang terjadi dua tahun belakangan ini.

Kepala Desa Reroroja, Florida Yosefina Ndena mengungkapkan perubahan iklim yang terjadi dua tahun belakangan ini menyebabkan sumber-sumber air di desa Reroroja mengalami kekeringan dan mengakibatkan masyarakat mengalami kelangkaan air bersih.

"Akibat kejadian ini dua dusun yaitu dusun Magelo’o dan Koro masyarakatnya harus membeli air tangki”.Jelasnya

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPBD dan PMI Kabupaten Sikka yang sudah hadir dan memberikan bantuan air bersih untuk mengantisipasi kelangkaan air bersih di level masyarakat,".Tambahnya

Ketua PMI Kabupaten Sikka, melalui Staf PMI Sikka Yosep Arnol Lado, menyatakan bahwa PMI telah merespons laporan kelangkaan air bersih dengan giat mendistribusikan air bersih, terutama kepada kelompok rentan seperti balita, anak-anak, dan ibu hamil. 

"Kami telah mendistribusikan sebanyak 30.000 liter air bersih untuk memenuhi kebutuhan 151 kepala keluarga di dua dusun tersebut," tambahnya.

"Sejak bulan September lalu, PMI Kabupaten Sikka telah mendistribusikan total 285.000 liter air bersih kepada masyarakat yang terdampak bencana kekeringan,". Jelasnya

PMI akan terus menjangkau masyarakat yang membutuhkan dengan distribusi air bersih dan kampanye kesehatan di wilayah Kabupaten Sikka,". Tambahnya

Dengan adanya dukungan dari PMI dan BPBD, diharapkan masyarakat Desa Reroroja dapat segera mendapatkan akses air bersih yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com. (min)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url