Raka Duta Wisata Jatim 2024 Berasal dari Ponorogo | lintas86.com

Raka Duta Wisata Jatim 2024 Berasal dari Ponorogo


lintas86.comPonorogo - Prestasi membanggakan datang dari Kabupaten Ponorogo. Fiki Andriansah, yang sebelumnya merupakan Kakang Ponorogo (Duta Wisata Kabupaten Ponorogo) tahun 2019, berhasil meraih juara 1 sebagai Duta Pariwisata Jawa Timur dalam ajang pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2024. 

Pengumuman ini disampaikan pada grand final yang digelar di Graha Unesa Surabaya pada malam hari, Sabtu (5/10/2024).

Fiki tidak sendirian dalam kompetisi ini; ia diiringi oleh Delfina Merly Callista, Senduk Ponorogo tahun 2021, yang juga mewakili Kabupaten Ponorogo. 

Tini Fifiantini, Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan yang pertama kali bagi Ponorogo dalam mendapatkan gelar Raka Jatim.

"Alhamdulillah, perwakilan duta pariwisata tingkat Jawa Timur kami mengirimkan satu pasang melalui seleksi. Ekspektasi kami untuk mendapatkan juara sangat tinggi, terutama pada Fiki karena pengalamannya yang banyak dan bakatnya," ungkap Tini pada Minggu (6/10/2024).

Persiapan matang dilakukan jauh hari sebelum kompetisi. Fiki dan Delfina dibekali dengan berbagai keterampilan oleh sejumlah mentor selama sebulan, termasuk kecakapan berbahasa Inggris serta pengetahuan tentang wisata dan ekonomi kreatif. 

Hasil kerja keras ini membuahkan hasil yang menggembirakan, mengingat Pemkab Ponorogo telah rutin mengirimkan perwakilan untuk mengikuti seleksi Duta Pariwisata Jawa Timur setiap tahunnya.

"Setiap tahun ketika ada pemilihan Raka Raki Jatim, insya Allah kami selalu mengirimkan perwakilan. Usia maksimal untuk pemilihan Raka Raki Jatim adalah 24 tahun," tambah Tini.

Selain Fiki, Delfina Merly Callista juga berhasil dinobatkan sebagai runner-up berbakat dan masuk dalam 10 besar Raki Favorit Jawa Timur tahun 2024. 

Keduanya berharap terpilihnya Raka perwakilan Bumi Reog ini dapat menginspirasi dan mempromosikan wisata Jawa Timur, khususnya yang ada di Kabupaten Ponorogo.

"Harapan besar kami adalah Fiki dapat mempromosikan wisata yang ada di Ponorogo," tegas Tini.

Dengan prestasi ini, diharapkan Kabupaten Ponorogo semakin dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik di Jawa Timur. (kbrn/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url