Sehari PMI Lumajang Distribusikan 17.500 Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan | lintas86.com

Sehari PMI Lumajang Distribusikan 17.500 Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan


lintas86.com, Lumajang - Musim kemarau yang masih berlangsung, meskipun diselingi hujan ringan, telah mengakibatkan banyak desa di Kabupaten Lumajang kesulitan mendapatkan air bersih. Banyak sumur warga kering, dan sumber mata air memiliki debit yang sangat kecil, sehingga kebutuhan air bersih menjadi mendesak.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak, Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mendistribusikan air bersih ke berbagai wilayah yang mengalami kekeringan. 

Ketua PMI Kabupaten Lumajang melalui Kepala Markas PMI Lumajang, Yun Kendro Budiaji, SAP, menjelaskan bahwa sejumlah desa telah mengirimkan surat permohonan bantuan air bersih kepada PMI.

"Setelah berkoordinasi dengan BPBD Lumajang, kami menindaklanjuti permohonan tersebut, antara lain di desa Blukon dan Boreng, Kecamatan Lumajang. Rata-rata sumur warga kering karena dam Kali Asem jebol saat banjir lalu," ungkap Yun Kendro pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

"PMI Lumajang mencatat bahwa setiap hari mereka mampu mendistribusikan sekitar 17.500 liter air bersih yang disalurkan ke tandon-tandon milik warga,". Jelasnya

"Selain itu, PMI juga melakukan droping tandon dan air bersih di SDN Dadapan 02, Kecamatan Gucialit, salah satu desa lainnya yang terdampak kekeringan. Di SDN Dadapan 02, sebanyak dua tandon didistribusikan dengan total air bersih yang dikirim mencapai 3.500 liter,". Tambahnya

"Dengan langkah ini, PMI Lumajang berharap dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan dan memastikan akses terhadap air bersih tetap terjaga. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian PMI terhadap kebutuhan dasar masyarakat dalam situasi darurat,". Pungkasnya

*Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com* (rin/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url