Sibat PMI Bantu Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Desa Tugurejo | lintas86.com

Sibat PMI Bantu Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Desa Tugurejo


Sibat PMI saat mendampingi Kepala Pelaksana BPBD menyalurkan bantuan air bersih di Desa Tugurejo

lintas86.com, Ponorogo
- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, telah melaksanakan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di Ponorogo.

Distribusi air bersih dilakukan menggunakan truk tangki berkapasitas 5.000 liter dari PMI, ditambah tiga tangki tambahan dari BPBD. Aksi ini juga didukung oleh Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Desa Tugurejo, diwakili oleh Mahruf Waluyogati dan Latri Yuyun Wardani.

Kegiatan ini dimulai pada Kamis, 5 September 2024, dengan menggunakan truk tangki berkapasitas 5.000 liter dari PMI dan tiga tangki tambahan dari BPBD. Distribusi air bersih ini juga didukung oleh Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Desa Tugurejo, yang diwakili oleh Mahruf Waluyogati dan Latri Yuyun Wardani.

"Hari ini kami membantu BPBD dan PMI dalam mendistribusikan bantuan air bersih untuk masyarakat di Ponorogo yang mengalami kesulitan," ungkap Latri Yuyun Wardani pada Rabu, 9 Oktober 2024.
 
"Aksi ini merupakan wujud kepedulian SIBAT PMI dari Desa Tugurejo untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih,". Terang Mahruf Waluyogati.

Siswanto, Kepala Desa Tugurejo, menambahkan bahwa aksi ini menunjukkan solidaritas dan kepedulian dari berbagai pihak dalam menghadapi tantangan bencana alam. 

"Kami sangat menghargai dukungan dari SIBAT PMI," Ungkapnya

Mahsun, Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo, juga memberikan apresiasi kepada SIBAT PMI yang selalu sigap dalam memberikan bantuan. 

"Semoga SIBAT PMI Ponorogo dari Desa Tugurejo semakin sukses dalam menjalankan tugas kemanusiaannya,". Ujarnya

Ketua PMI Kabupaten Ponorogo, Luhur Karsanto, menjelaskan bahwa penyaluran air bersih ini merupakan bagian dari program PMI dalam rangka memperingati HUT ke-79 dan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

"Kami ingin memastikan kebutuhan air bersih terpenuhi bagi warga yang terdampak kekeringan," katanya.

Lamin, Ketua RT 03 RW 03 Dukuh Guyangan Lingkungan Tenggar Desa Tugurejo, mengungkapkan bahwa warganya telah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih sejak akhir bulan September. 

"Dengan bantuan air bersih ini, kami bisa memenuhi kebutuhan minum dan memasak," tuturnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, BPBD, PMI Kabupaten Ponorogo, serta SIBAT PMI dari Desa Tugurejo yang telah memberikan bantuan berupa air bersih kepada masyarakat kami," tutup Lamin.

Aksi ini mencerminkan komitmen bersama untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi di tengah tantangan bencana alam. 

*Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com* (min)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url