SIBAT PMI Desa Sekotong Tengah Bantu Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok Barat | lintas86.com

SIBAT PMI Desa Sekotong Tengah Bantu Distribusikan Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan di Lombok Barat


lintas86.com Lombok Barat
– Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lombok Barat, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, melaksanakan aksi kemanusiaan dengan mendistribusikan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di wilayah tersebut.

Distribusi air bersih dilakukan menggunakan truk tangki berkapasitas 5.000 liter dari PMI. Aksi ini juga didukung oleh Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Desa Sekotong Tengah, di mana Mardiansyah dan dua rekannya terlibat langsung dalam kegiatan ini.

"Hari ini kami membantu BPBD dan PMI dalam mendistribusikan bantuan air bersih untuk masyarakat di Lombok Barat yang mengalami kesulitan," ungkap Mardiansyah kepada lintas86.com

Mardiansyah menambahkan, "Aksi ini merupakan wujud kepedulian SIBAT PMI dari Desa Sekotong Tengah untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih."

Kepala Markas PMI Lombok Barat, Danang Djoko Kartiko, menjelaskan bahwa permohonan air bersih dari masyarakat semakin meningkat sejak bulan Agustus hingga minggu kedua Oktober 2024. "Kami mendistribusikan air bersih hingga dua kali sehari, dengan rute distribusi mencakup Kecamatan Sekotong, Gerung, Lembar, Kuripan, dan Gunungsari," ujarnya.

PMI mengerahkan relawan dari SIBAT dan KSR (Korps Sukarela) PMI. Salah satu titik distribusi adalah di Dusun Tanjung Batu, Desa Sekotong Tengah, serta beberapa desa di Kecamatan Sekotong.

"Selama respon kekeringan ini, kami bekerja sama dengan instansi pemerintah seperti Dinas Sosial, BPBD, Damkar, dan PDAM dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Pemda Lombok Barat. Namun, PMI tetap melayani tanpa mengenal hari libur dalam menjalankan misi kemanusiaannya," tambah Danang.

Salah satu warga penerima bantuan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada PMI. "Kami sangat berterima kasih kepada PMI dan seluruh personilnya karena selalu hadir membantu kami dalam keadaan kekurangan air bersih," ungkapnya.

Aksi ini menunjukkan komitmen bersama untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat terpenuhi di tengah tantangan bencana alam. PMI Lombok Barat bertekad untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat hingga situasi membaik.

*Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com* (min)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url