Sibat PMI Desa Tugurejo Gelar Sosialisasi Hasil Latgab Nasional III | lintas86.com

Sibat PMI Desa Tugurejo Gelar Sosialisasi Hasil Latgab Nasional III


lintas86.comPonorogo, – Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Desa Tugurejo menyelenggarakan sosialisasi hasil Latihan Gabungan dan Bhakti Sibat Nasional III di Balai Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Acara ini menjadi tonggak penting bagi pengurus PMI Kabupaten Ponorogo dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Sertifikat dan Plakat Pusat Unggulan Tingkat Pratama Desa Tugurejo dalam kategori Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana diserahkan dengan penuh kebanggaan oleh Sekretaris PMI kepada Kepala Desa Tugurejo, Siswanto, yang juga merupakan penanggung jawab Sibat PMI didampingi oleh Kartini, Yuyun, Mahruf Perwakilan Sibat PMI Desa Tugurejo Latgab Nasional III dan disaksikan oleh anggota Sibat PMI, Destana, Pertana, Tagana, Pemdes, serta perwakilan masyarakat Desa Tugurejo.

Sumani, Sekretaris PMI Kabupaten Ponorogo, menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi tinggi kepada Desa Tugurejo atas kontribusi luar biasa mereka dalam pemberdayaan masyarakat yang kuat dan tangguh dalam menghadapi bencana. 

"Kami berharap langkah ini dapat memotivasi semua pihak untuk terus berupaya dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi risiko bencana," ujarnya.

Kepala Desa Tugurejo, Siswanto, merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh desa mereka. 

"Kami masuk dalam nominasi sebagai Pusat Unggulan Tingkat Pratama dalam kategori Pelaksana Pemberdayaan Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana berkat partisipasi aktif kami dalam Latihan Gabungan dan Bhakti Sibat Nasional III di Kebumen pada 23-27 September 2024," ungkapnya.

Siswanto menambahkan bahwa pihaknya mengirimkan tiga relawan dari SIBAT PMI sebagai peserta utama didampingi Staf PMI Kabupaten Ponorogo sebagai peserta peninjau untuk Latihan Gabungan dan Bhakti Sibat Nasional III di Kebumen dengan materi pelatihan mitigasi bencana terkait perubahan iklim dan kebencanaan lainnya.

 "Sibat PMI yang merupakan mitra PMI Kabupaten Ponorogo sudah dilatih 2015 ada di Tugurejo dan dibentuk resmi 2016. Dengan penghargaan ini, kami semakin termotivasi untuk tanggap terhadap bencana alam, terutama mengingat wilayah kami berpotensi mengalami longsor dan tanah gerak," tutupnya.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat memperkuat komitmen masyarakat Desa Tugurejo dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap bencana, serta menjadikan desa ini sebagai contoh bagi desa-desa lain dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersial tanpa seizin redaksi lintas86.com. (min)
 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url